Senin , 23 September 2019
Home / Kesehatan / Menyambut BLUD Puskesmas, Dinkes Sumenep Gelar Workshop

Menyambut BLUD Puskesmas, Dinkes Sumenep Gelar Workshop

Sumenep -, Perwujudan dalam melayani masyarakat secara maksimal di sisi kesehatan, Dinas Kesehatan Sumenep akan menerapkan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) bagi seluruh Puskesmas di Kabupaten Sumenep, yakni diawali dengan digelarnya Warkshop BLUD yang diikuti oleh seluruh Kepala Puskesmas se-Kabupaten Sumenep.

Pada workshop BLUD tersebut, tidak hanya dihadiri oleh Kepala Puskesmas saja, melainkan oleh KTU dan Bendahara Puskesmas yang tersebar di seluruh wilayah Kecamatan di Sumenep, dimana pembimbing dari workshop tersebut, merupakan unsur dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur.

” BLUD Puskesmas adalah untuk meyakinkan masyarakat terhadap pelayanan medis di setiap Puskesmas, karena berbagai peningkatan pelayanan akan diberikan kepada masyarakat, seperti peningkatan regulasi dan peningkatan penanganan medis dan kesehatan masyarakat ” , ungkap Kepala Dinas Kesehatan Sumenep, Agus Mulyono.

Agus Mulyono juga menjelaskan bahwa, pra BLUD ini sudah sesuai dengan peraturan pemerintah No 23 tahun 2005 tentang pengelolaan keuangan badan pelayanan umum sebagai mana telah diubah pemerintah no 74 tahun 2012. Sehingga menurutnya bahwa puskesmas merupakan suatu unit pelaksana fungsional yang berfungsi sebagai pusat kesehatan serta pusat pelayanan kesehatan tingkat pertama.

Workshop BLUD yang digelar selama tiga hari tersebut berjalan lancar dan penuh antusias dari peserta Workshop, sehingga seluruh jajaran Puskesmas se-Kabupaten Sumenep, berkomitmen untuk melaksanakan BLUD, demi tercapainya pelayanan kesehatan masyarakat yang menyeluruh serta maksimal.

Sementara itu menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Sumenep, Edy Rasiyadi, menyebutkan bahwa Puskesmas BLUD sangat efisien dan efektif dalam memberikan pelayanan kesehatan,sehingga diharapkan akan mampu meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat, nantinya tidak banyak masyarakat dirujuk ke rumah sakit dan hanya cukup dengan pemberian pelayanan kesehatan yang promotif, prefentif di puskesmas.

” BLUD Puskesmas merupakan peningkatan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat, sehingga dari sisi SDM pun harus profesional dan dapat bekerja sesuai tugas serta fungsinya “, pungkas Edy Rasiyadi.(ver)

 

About Focus Madura

Lihat Juga

Kebakaran Hanguskan Tiga Unit Toko Di Sumenep

Sumenep-, Kebakaran Terjadi di Kecamatan Lenteng, Sumenep, Madura -JawaTimur, Sabtu, 31 Agustus 2019. Akibat kebakaran …

Breaking News : Sebuah Toko Bangunan di Sumenep Hangus Terbakar

Sebuah toko di Kecamatan Lenteng, Sumenep, Madura – Jawa Timur ludes terbakar. Sebuah toko bangunan …

Diduga Ada Pemotongan Dana Insentif, Sejumlah Guru di Salah Satu Sekolah Swasta Mengeluh

Sumenep-, sejumlah guru di salah satu Sekolah swasta di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa timur mengeluh. …

Gelar Aksi, Pemuda Petambak Garam Minta Presiden Cabut Pernyataan Soal Garam Madura Jelek

Sumenep, Sejumlah pemuda petambak garam di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, jumat pagi mendatangi kantor …

Panitia Pilkades : Dalam Perbup Tak Ada Aturan CAKADES Harus Putra Desa

Sumenep-, Bentrok antar kelompok warga terjadi di Desa Aeng Baja Kenek, Sumenep, Madura, Jawa Timur, …

Tolak Calon Kades Dari Luar, Dua Kelompok Warga di Sumenep Terlibat Bentrok

Sumenep-, Bentrok antar kelompok warga terjadi di Desa Aeng Baja Kenek, Sumenep, Madura, Jawa Timur, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *