Sabtu , 15 Agustus 2020
Home / Kesehatan / Menyambut BLUD Puskesmas, Dinkes Sumenep Gelar Workshop

Menyambut BLUD Puskesmas, Dinkes Sumenep Gelar Workshop

Sumenep -, Perwujudan dalam melayani masyarakat secara maksimal di sisi kesehatan, Dinas Kesehatan Sumenep akan menerapkan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) bagi seluruh Puskesmas di Kabupaten Sumenep, yakni diawali dengan digelarnya Warkshop BLUD yang diikuti oleh seluruh Kepala Puskesmas se-Kabupaten Sumenep.

Pada workshop BLUD tersebut, tidak hanya dihadiri oleh Kepala Puskesmas saja, melainkan oleh KTU dan Bendahara Puskesmas yang tersebar di seluruh wilayah Kecamatan di Sumenep, dimana pembimbing dari workshop tersebut, merupakan unsur dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur.

” BLUD Puskesmas adalah untuk meyakinkan masyarakat terhadap pelayanan medis di setiap Puskesmas, karena berbagai peningkatan pelayanan akan diberikan kepada masyarakat, seperti peningkatan regulasi dan peningkatan penanganan medis dan kesehatan masyarakat ” , ungkap Kepala Dinas Kesehatan Sumenep, Agus Mulyono.

Agus Mulyono juga menjelaskan bahwa, pra BLUD ini sudah sesuai dengan peraturan pemerintah No 23 tahun 2005 tentang pengelolaan keuangan badan pelayanan umum sebagai mana telah diubah pemerintah no 74 tahun 2012. Sehingga menurutnya bahwa puskesmas merupakan suatu unit pelaksana fungsional yang berfungsi sebagai pusat kesehatan serta pusat pelayanan kesehatan tingkat pertama.

Workshop BLUD yang digelar selama tiga hari tersebut berjalan lancar dan penuh antusias dari peserta Workshop, sehingga seluruh jajaran Puskesmas se-Kabupaten Sumenep, berkomitmen untuk melaksanakan BLUD, demi tercapainya pelayanan kesehatan masyarakat yang menyeluruh serta maksimal.

Sementara itu menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Sumenep, Edy Rasiyadi, menyebutkan bahwa Puskesmas BLUD sangat efisien dan efektif dalam memberikan pelayanan kesehatan,sehingga diharapkan akan mampu meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat, nantinya tidak banyak masyarakat dirujuk ke rumah sakit dan hanya cukup dengan pemberian pelayanan kesehatan yang promotif, prefentif di puskesmas.

” BLUD Puskesmas merupakan peningkatan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat, sehingga dari sisi SDM pun harus profesional dan dapat bekerja sesuai tugas serta fungsinya “, pungkas Edy Rasiyadi.(ver)

 

About Focus Madura

Lihat Juga

GUGUS TUGAS COVID 19 SUMENEP DAPAT BANTUAN ALAT RAPID TEST

Sumenep-, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Sumenep, Madura – Jawa Timur mendapat bantuan …

SELAMA DITUTUP SEMENTARA, PT TANJUNG ODI AKAN FOKUS LAKUKAN TES SWAB KARYAWAN

Sumenep-, Pasca ditutup sementara karena teradapat karyawan reaktif berdasarkan hasil rapid test, PT. Tanjung Odi …

Menatap Pilkada Sumenep 2020, Fauzi-Eva Mantapkan Langkah

  Sumenep-, Menjelang pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumenep pada 9 Desember 2020 mendatang, bakal calon …

PAC IKAPMII Talango Bagikan Puluhan Paket Sembako

Sumenep-, Dalam rangka menyambut hari raya Idul Fitri 1441 H, PAC IKAPMII Kecamatan Talango, Sumenep, …

Jelang Lebaran Ditengah Pandemi, Jurnalis Sumenep Masih Gencar Berbagi Kebaikan

Sumenep-, Pandemi Covid 19 yang tengah melanda Negeri, tak menghalangi para Jurnalis di Kabupaten Sumenep, …

PANDEMI COVID-19, PT GARAM BERIKAN BANTUAN DANA KEMASLAHATAN UMAT

Senin (18/5), ditengah pandemi Covid-19 PT Garam (Persero) terus melakukan aksi sosial kepada masyarakat sekitar. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *