Selasa , 15 Juni 2021
Home / Kesehatan / Menkes: Kasus HIV/AIDS Tertinggi Dialami Ibu Rumah Tangga

Menkes: Kasus HIV/AIDS Tertinggi Dialami Ibu Rumah Tangga

Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek mengatakan bahwa ibu rumah tangga merupakan populasi tertinggi yang mengidap HIV/AIDS dengan jumlah 10.627 jiwa, terpaut jauh dengan penjaja seks yang berjumlah 2578 jiwa dan anak sekolah/ mahasiswa sekitar 1764 jiwa.

Lebih lanjut Menkes Nila mengatakan bahwa faktor risiko penularan HIV terbanyak adalah melalui hubungan seks yang berisiko pada heteroseksual (66 persen); penggunaan jarum suntik tidak steril pada penasun (11 persen); homoseksual (3 persen); serta penularan dari ibu ke anak (3 persen).

“Tema Nasional Hari AIDS Sedunia tahun 2016 adalah ‘Mari Kita Berubah, Masa Depan Gemilang Tanpa Penularan HIV’. Tema ini sangat relevan dengan upaya yang dilakukan Pemerintah bersama dengan masyarakat untuk mengutamakan upaya promotif dan preventif dalam Pembangunan Kesehatan, termasuk dalam Pencegahan dan Pengendalian HIV AIDS,” ujar Menkes Nila saat menghadiri acara puncak Peringatan Hari AIDS Sedunia 2016 di Surabaya, Jawa Timur (1/12/2016).

Menkes menambahkan, pencegahan dan Pengendalian HIV AIDS harus lebih digalakkan, karena sejak 2005 sampai Desember 2015 telah dilaporkan 191.073 orang terinfeksi HIV di Indonesia.

Dalam Kampanye Peduli HIV/AIDS ini Menkes pun mengajak masyarakat untuk menumbuhkan kesadaran tentang perlunya tes HIV untuk semua orang, serta menghilangkan stigma untuk penyandang HIV/AIDS.

“Kami berharap dan menyampaikan ajakan pada semua masyarakat untuk tidak ragu-ragu maupun takut dalam melakukan Tes HIV, tidak melakukan diskriminasi maupun stigma pada orang yang melakukan tes HIV, dan tidak menstigma orang yang terinfeksi HIV, dikarenakan semua orang berpeluang untuk terinfeksi HIV”, tambahnya.

Di Indonesia, lanjut Menkes, beberapa provinsi yang memiliki jumlah penyandang HIV AIDS terbanyak antara lain Jawa Timur, DKI Jakarta, Papua, Jawa Barat dan Jawa Tengah.(suara.com)

 

About focus

Lihat Juga

JALIN KEBERSAMAAN, PT GARAM GELAR SILATURAHMI VIRTUAL DI TENGAH PANDEMI

www.focusmadura.com-, Bulan Ramadhan kali ini berbeda dengan bulan Ramadhan tahun sebelumnya. Begitu pula acara Halal Bi …

PANDEMI COVID-19, PT GARAM BERIKAN BANTUAN DANA KEMASLAHATAN UMAT

Senin (18/5), ditengah pandemi Covid-19 PT Garam (Persero) terus melakukan aksi sosial kepada masyarakat sekitar. …

Berbagi, PT Garam Gelontorkan 5000 Paket Sembako Dibeberapa Daerah

Sumenep-,  Di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, PT Garam (Persero) melalui Badan Amil Zakat …

Kapolda Jatim OTT Bisnis Solar Illegal, 4 Nama Perusahaan Negara di Sumenep Ditengarai Terlibat

Sumenep -, Paska Operasi Tangkap Tangan Penyelewengan BBM jenis Solar Subsidi yang di lakukan di …

(VIDEO) Serunya HKN KE-55, Kampanye GERMAS DINKES Sumenep

Rangkaian HKN ke-55, Dinkes Sumenep Gelar Kampanye Hidup Sehat Sumenep-, Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan …

Pelayanan dan Fasilitas RSUD Moh Anwar Sumenep Dikeluhkan Keluarga Pasien

Sumenep-, Pelayanan RSUD MOh. Anwar, Sumenep, Madura, Jawa Timur kembali dikeluhkan oleh masyarakat, kurangnya alat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *