Senin , 10 Mei 2021
Home / Kesehatan / Mari sembuhkan fobia dengan tidur!

Mari sembuhkan fobia dengan tidur!

10-jenis-fobia-yang-paling-umum

Rasa takut atau fobia adalah salah satu hal yang sulit disembuhkan pada diri manusia. Saat ini terdapat beberapa cara seperti hipnoterapi yang biasa dilakukan untuk menyembuhkan rasa takut atau fobia. Namun penelitian terbaru mengungkap bahwa sebenarnya rasa takut juga bisa disembuhkan saat tidur.

Hasil ini ditemukan setelah peneliti mengamati 15 orang yang memiliki ketakutan tertentu pada gambar. Peneliti memperlihatkan gambar yang mereka takuti dengan memberikan kejutan listrik kecil sambil memberikan bau. Ini dimaksudkan agar para partisipan mengasosiasikan bau tersebut dengan ketakutan yang mereka miliki.

Selanjutnya partisipan diminta untuk tidur. Ketika tidur, mereka diberikan bau yang memicu ingatan pada hal yang mereka takuti. Namun bedanya peneliti tak memberikan kejutan listrik. Setelah terbangun ternyata ketakutan partisipan pada gambar dan bau tersebut perlahan menghilang, meski mereka tak tahu bahwa mereka mencium bau tersebut saat tidur.

Eksperimen ini diulang dalam kondisi yang berbeda, termasuk ketika partisipan tidak tidur. Namun hasilnya berbeda dengan ketika mereka tidur. Penelitian ini menunjukkan bahwa ketika tidur kemungkinan seseorang mengalami tingkat kesadaran tertentu sehingga terapi bisa langsung berkaitan dengan memori tentang rasa takut.

Peneliti juga menjelaskan bahwa saat tidur aktivitas otak lebih aktif dalam hal pembelajaran dan ingatan, terutama ingatan yang berkaitan dengan emosi. Ingatan jangka pendek yang belum tertanam dengan kuat lebih mudah untuk dimodifikasi, seperti dilansir oleh Live Science.

Pada penelitian ini ilmuwan juga mencoba menghilangkan bau saat partisipan tertidur. Dan nyatanya efeknya tak sama dengan ketika partisipan mencium bau yang berkaitan dengan ketakutan mereka. Meski begitu, mereka tak yakin apakah pengurangan rasa takut ini merupakan hasil pembelajaran otak yang berkaitan dengan bau dan rasa takut atau berkaitan dengan memori baru yang diasosiasikan dengan bau.(merdeka.com)

 

About focus

Lihat Juga

Ini yang Terjadi Saat Anda Duduk dan Nonton TV Terlalu Lama

Akhir pekan biasanya adalah saat yang tepat untuk bermalas-malasan. Seperti duduk berjam-jam menonton televisi, dv …

Pentingnya Ruang Keluarga untuk Hubungan Orangtua dan Anak

Ruang keluarga merupakan bagian terpenting yang berdampak langsung terhadap suasana hati, dan kedekatan hubungan keluarga. …

Apa Bedanya Antara Hepatitis B dan C?

Penyakit hepatitis tentu tak asing lagi di telinga. Namun, penyakit hati ini terdiri dari berbagai …

Kandungan dalam Kopi Ini Bikin Anda Berumur Panjang

Tahukah Anda, ada satu keuntungan tak terduga dari secangkir kopi yang diminum di pagi hari. …

Waspada! Anak Sulit Sarapan Risiko Kekurangan Gizi Menghantui

Sarapan adalah makanan yang paling penting untuk memulai aktivitas sehari-hari. Ini penting karena seseorang harus …

Apa Manfaat Anak Ikut Lomba “17 Agustusan”? Ini Kata Psikolog

Selain upacara bendera, kegiatan yang identik dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia adalah perlombaan. Mulai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *