Senin , 29 November 2021
Home / Lifestyle / Manusia Terakhir yang Lahir di 1800an Ungkap Rahasia Umur Panjang

Manusia Terakhir yang Lahir di 1800an Ungkap Rahasia Umur Panjang

Setelah putranya yang masih bayi meninggal, ia berpisah dari suaminya pada 1938.

Emma Morano, manusia terakhir yang diketahui lahir pada abad 19, sedang mempersiapkan diri untuk merayakan ulang tahunnya yang ke 117 pada hari ini, Selasa (29/11/2016).

Lahir pada 29 November 1899, Morano adalah manusia tertua di dunia dan rahasianya bisa hidup selama itu rupanya terletak pada pola makan yang sederhana.

“Saya makan dua butir telur sehari, hanya itu. Dan kue. Tetapi saya makan tak banyak, karena saya tak punya gigi,” kata Morano ketika ditemui The Guardian di kediamannya di Verbania, sebuah kota di tepi Danau Maggiore, Italia bagian utara.

Di atas meja batu di rumahnya tegak sebuah sertifikat Guinness World Records yang mengukuhkan Morano sebagai manusia tertua di dunia yang masih hidup hingga saat ini.

Morano adalah anak pertama dari delapan bersaudara. Semua saudaranya telah meninggal dan ia mengatakan banyak orang penasaran dengan rahasianya hingga mencapai usia 117.

“Orang-orang datang kepada saya. Saya tak mengundang, tetapi mereka tetap datang. Ada yang berasal dari Amerika, Swiss, Austria, Turin, Milan. Mereka semua datang untuk melihat saya,” jelas dia.

Meski berulang tahun, Morano mengatakan dirinya mungkin tak akan mencicip kue ulang tahunnya sendiri.

“Terakhir kali, saya makan sedikit kue. Tetapi setelah itu saya merasa kurang sehat,” kata dia.

Sebagian besar hidupnya Morano lebih banyak sendiri. Setelah putranya yang masih bayi meninggal, ia berpisah dari suaminya pada 1938. Ia hidup sendiri, bekerja pada sebuah pabrik yang memproduksi karung goni.

Kini saat usianya semakin lanjut, Morano tinggal di apartemen dua kamar yang didiaminya selama 20 tahun terakhir. Meski masih awas, pendengaran Morano sudah tak berfungsi optimal dan penglihatannya juga telah berkurang. Ia lebih banyak menghabiskan waktunya di tempat tidur.

Menyambut ulang tahunnya yang ke-117 hari ini, Morano akan menerima beberapa anggota keluarga, wartawan, dan wali kota Verbania, Silvia Marchionini.

Kota Verbania sendiri akan menggelar sebuah pesta untuk merayakan ulang tahun Morano yang diramaikan dengan pageralan musik dan pembacaan biografi berjudul “The Woman Who Saw Three Centuries”.http://(suara.com)

 

About focus

Lihat Juga

Siap-siap, Fitur ‘Paling Mengganggu’ Bakal Muncul di WhatsApp

Aplikasi pesan instan WhatsApp sedang menyiapkan fitur status iklan. Fitur yang dinilai ‘paling mengganggu’ bagi …

Memukau, Sumenep Jazz 2018 Berhasil Hibur Ratusan Warga Sumenep

Sumenep – Dengan dibintangi dua artis dari ibu kota Jakarta, Mulan Jameela dan Iga Mawarni Sukses menghibur warga …

Yang Harus Dilakukan Saat Menghadapi Tsunami

Tsunami berasal dari bahasa Jepang, tsu yang artinya pelabuhan, dan nami yang artinya gelombang. Tsunami dikenal sebagai gelombang pelabuhan …

5 Pemikiran Gila Bob Sadino yang Bisa Memotivasi Anda Untuk Sukses

Lifestyle- Pemikiran gila Bob Sadino kerap mempengaruhi banyak orang dalam dunia wirausaha. Bagaimana tidak, pemikirannya …

Perempuan Keris : Saya Masih Akan Menjadi ‘Perempuan’ Di Garis Tepi Melawan Batas Wajar

Setiap tahun, tepatnya tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini. Ya, Raden Ajeng Kartini adalah …

Inilah Potret Blusukan Ala Nia Kurnia Fauzi

Sumenep-, Siang itu dengan cuaca yang panas menyengat, Nia Kurnia Fauzi, Istri orang nomor dua …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *