Minggu , 28 November 2021
Home / Kesehatan / Minum banyak air, cara mudah jaga kesehatan ginjal

Minum banyak air, cara mudah jaga kesehatan ginjal

ilustrasi-minum-air-putih

Setiap organ yang ada di dalam tubuh Anda memiliki peranan penting masing-masing. Salah satu jenis organ yang paling sering dilupakan adalah ginjal. Ginjal adalah dua organ yang berbentuk seperti kacang berukuran sekepalan tangan manusia. Terletak di bawah tulang rusuk di kedua sisi tulang belakang, ginjal memiliki beberapa fungsi penting seperti membersihkan tubuh dari berbagai racun dan menyeimbangkan kadar air di dalam tubuh. Selain itu, ginjal juga penting dalam pengaturan tekanan darah, sel darah merah, serta zat asam dalam tubuh.

Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah cara yang paling mudah untuk menjaga kesehatan dan kebersihan ginjal Anda.

Olahraga
Olahraga merupakan cara yang paling mudah dan penting untuk menjaga kebersihan ginjal. Sebab olahraga dapat memastikan bahwa setiap fungsi di dalam tubuh Anda berjalan dengan baik.

Konsumsi makanan sehat
Mengonsumsi makanan sehat penting untuk menjaga kesehatan ginjal. Sebab makanan sehat sangatlah kecil kandungan racun di dalamnya. Sehingga ginjal Anda tidak bekerja terlalu berat untuk menyaring racun.

Menjaga tekanan darah
Karena ginjal juga memainkan peranan penting untuk menjaga sirkulasi darah, sehingga sebaiknya Anda selalu menjaga tekanan darah Anda. Tekanan darah yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan ginjal.

Menjaga kadar gula
Diabetes dan masalah ginjal memiliki keterkaitan. Banyak penderita diabetes yang kemudian memiliki masalah dengan ginjal mereka. Sehingga menjaga kadar gula adalah salah satu cara yang tepat untuk menjaga kesehatan ginjal mereka.

Minum banyak air
Asupan cairan sangat penting agar ginjal Anda berfungsi dengan baik. Minimnya cairan di dalam tubuh Anda hanya akan menyebabkan masalah pada ginjal sehingga minum banyak air agar ginjal Anda menjadi sehat.

Berhenti merokok
Merokok dapat memperlambat aliran darah ke ginjal yang mampu mengganggu kesehatan ginjal. Oleh karena itu jika Anda memiliki kebiasaan merokok, segera hentikan agar ginjal Anda berfungsi dengan baik.

Tidak mengonsumsi obat secara sembarangan
Obat-obatan yang Anda konsumsi mampu memperberat kerja ginjal. Sehingga jangan pernah mengonsumsi obat secara sembarangan. Pastikan bahwa Anda terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter saat akan mengonsumsi suatu obat.

Ginjal Anda harus dijaga kesehatannya sama seperti organ tubuh penting lainnya. Lakukan tips di atas agar kesehatan ginjal dan tubuh Anda secara keseluruhan menjadi terjaga.(merdeka.com)

 

About focus

Lihat Juga

Pentingnya Ruang Keluarga untuk Hubungan Orangtua dan Anak

Ruang keluarga merupakan bagian terpenting yang berdampak langsung terhadap suasana hati, dan kedekatan hubungan keluarga. …

Apa Bedanya Antara Hepatitis B dan C?

Penyakit hepatitis tentu tak asing lagi di telinga. Namun, penyakit hati ini terdiri dari berbagai …

Kandungan dalam Kopi Ini Bikin Anda Berumur Panjang

Tahukah Anda, ada satu keuntungan tak terduga dari secangkir kopi yang diminum di pagi hari. …

Waspada! Anak Sulit Sarapan Risiko Kekurangan Gizi Menghantui

Sarapan adalah makanan yang paling penting untuk memulai aktivitas sehari-hari. Ini penting karena seseorang harus …

Apa Manfaat Anak Ikut Lomba “17 Agustusan”? Ini Kata Psikolog

Selain upacara bendera, kegiatan yang identik dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia adalah perlombaan. Mulai …

Risiko Penularan Hepatitis B ke Anak Masih Tinggi

Indonesia masih diintai virus hepatitis. Meski angka kejadian hepatitis di Indonesia dilaporkan menurun, masyarakat diimbau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *