Rabu , 16 Juni 2021
Home / Sumenep / Kampung toleransi ala warga Sumenep

Kampung toleransi ala warga Sumenep

kampung-toleransi

Kampung toleransi antar umat beragama di Sumenep ini mungkin akan menjadi contoh bagi umat beragama di indonesia.

Sumenep- Kampung toleransi ini terletak di Kabupaten Sumenep tepatnya di Desa Pabian, Kampung yang nama sebenarnya adalah Kampung Salagaba ini dijuluki sebagai Kampung toleransi, karena di perkampungan ini terdapat tiga rumah ibadah dengan agama yang berbeda.

Tiga rumah ibadah tersebut yaitu Masji Baitul Arham, Gereja Katolik Paroki Maria Gunung Karmel, dan Wihara Tri Dharma Pao Sian Lin Kong. Meskipun dengan kepercayaan yang berbeda hubungan antar tiga rumah ibadah ini tetap rukun dan harmonis. kerukunan antar tiga Agama ini terwujud dengan adanya rasa saling menghargai di hari-hari kebesaran antar tiga agama tersebut.

Hamzah Laorentus salah satu pengelola gereja mengatakan bahwa kerukunan dan keharmonisan antar tiga rumah ibadah ini dikarenakan adanya saling menjaga dan tenggang rasa antar tiga rumah ibadah tersebut. “apalagi ketika ada moment hari-hari besar keagamaan. pihaknya mengaku cukup rutin melakukan silaturrahmi baik antar Agama maupun dengan warga sekitar, dan cara berkomunikasi juga yang selama ini dipelihara dengan baik sehingga adanya hubungan yang saling terbuka antar tiga rumah ibadah tersebut”, ungkapnya.

sedangkan menurut kepala desa Pabian Ahmad Madani, ketiga rumah tersebut memang sejak lama berdiri di dusun Salagaba, sehingga kampung tersebut di beri nama Kampung toleransi. tingginya rasa saling menghormati antar agama tersebutlah yang menciptakan kerukunan dan hubungan yang harmonis antar agama. karena selama ini tiga agama yang berbeda ini secara terus menerus berinteraksi dengan berbagai cara yang mengarah ke kegiatan-kegiatan positif yang ditujukan untuk warga sekitar.(faris/ros/red)

 

About focus

Lihat Juga

(VIDEO) Kepulauan Sumenep Darurat Narkoba

 

Poros Jalan Desa Buddi Arjasa Berlumpur Bertahun-tahun

Sumenep-, Desa Buddi merupakan salah satu desa yang masuk dalam kecamatan Arjasa, yang terisolir ketika …

KADES SAWAH SUMUR TERINDIKASI TERLIBAT MONEY POLITIK PILKADA SUMENEP 2020

Sumenep-, Pemilihan kepala daerah Kabupaten Sumenep akan digelar sebentar lagi, tepatnya pada 9 Desember 2020 …

Lambannya Proses Hukum Dugaan Ijazah Palsu Desa Kangayan

Sumenep-, Dugaan pemalsuan Ijazah yaitu dengan cara memanipulasi data pribadi kepala desa Kangayan, guna melengkapi …

KETIMPANGAN SOSIAL DITENGAH PANDEMI?

Sumenep-, Baru saja rombongan Pemkab Sumenep melakukan perjalanan Safari Kepulauan pada beberapa waktu yang lalu. …

DIRIKAN POSKO PEMENANGAN, PROJIE BLUTO MANTAPKAN DUKUNGAN KEPADA FAUZI-EVA

Sumenep-, Relawan PROJIE (probanguji-eva) secara sukarela mendirikan posko pemenangan diwilayah Kecamatan Bluto Sumenep,Madura. Gerakan pemuda …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *