Rabu , 3 Maret 2021
Home / Kesehatan / Jus Kacang Panjang Mampu Sembuhkan Diabetes, Benarkah?

Jus Kacang Panjang Mampu Sembuhkan Diabetes, Benarkah?

Beberapa waktu lalu di media sosial beredar kabar tentang kandungan ampuh jus kacang panjang dan tomat yang seketika mampu turunkan kadar gula darah dalam tubuh. Benarkah demikian?

Kabar tersebut menyebutkan bahwa 12 helai kacang panjang yang diblender dengan satu buah tomat merah efektif turunkan gula darah, bahkan mampu menyembuhkan diabetes. Ternyata, hal itu belum terbukti kebenarannya.

“Risetnya di mana? Sepanjang belum ada jurnal internasionalnya, ya enggak usah dipercaya,” ujar ahli gizi, Dr. Marudut MPS, kepada VIVA.co.id.

Menurut Marudut, masyarakat harus lebih jeli dalam memilah informasi. Sebab, penelitian terkait informasi tersebut, belum jelas adanya.

Di samping itu, Marudut menyarankan agar masyarakat menggunakan bahan alami yang memang mampu menurunkan kadar gula darah dan terbukti secara ilmiah.

“Kalau mau turunkan gula darah, pakai saja bahan alami yang memang terbukti di jurnal,” tuturnya.

Terlebih, gula darah di tubuh, lanjut Marudut, bukan satu-satunya cara mengukur kondisi diabetes pada seseorang. Sebab, gula darah yang menurun, belum tentu menghilangkan kondisi diabetes secara otomatis.

“Kadar gula darah yang turun, bukan berarti diabetes langsung hilang. Jadi, kalau memang tujuan dari jus itu adalah untuk menurunkan gula darah yang berkaitan dengan diabetes, di samping belum terbukti, diabetes juga belum tentu hilang karena banyak faktor lainnya,” ujarnya. (VIVA.co.id)

 

About focus

Lihat Juga

Pentingnya Ruang Keluarga untuk Hubungan Orangtua dan Anak

Ruang keluarga merupakan bagian terpenting yang berdampak langsung terhadap suasana hati, dan kedekatan hubungan keluarga. …

Apa Bedanya Antara Hepatitis B dan C?

Penyakit hepatitis tentu tak asing lagi di telinga. Namun, penyakit hati ini terdiri dari berbagai …

Kandungan dalam Kopi Ini Bikin Anda Berumur Panjang

Tahukah Anda, ada satu keuntungan tak terduga dari secangkir kopi yang diminum di pagi hari. …

Waspada! Anak Sulit Sarapan Risiko Kekurangan Gizi Menghantui

Sarapan adalah makanan yang paling penting untuk memulai aktivitas sehari-hari. Ini penting karena seseorang harus …

Apa Manfaat Anak Ikut Lomba “17 Agustusan”? Ini Kata Psikolog

Selain upacara bendera, kegiatan yang identik dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia adalah perlombaan. Mulai …

Risiko Penularan Hepatitis B ke Anak Masih Tinggi

Indonesia masih diintai virus hepatitis. Meski angka kejadian hepatitis di Indonesia dilaporkan menurun, masyarakat diimbau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *