Minggu , 28 Februari 2021
Home / Kesehatan / Jarang Sikat Gigi saat Hamil, Waspada Tumbuh Tumor di Gusi!

Jarang Sikat Gigi saat Hamil, Waspada Tumbuh Tumor di Gusi!

Menyikat gigi saat hamil tak hanya bermanfaat untuk mencegah bau mulut, lebih dari itu. Kebiasaan baik ini bisa menghindarkan (ibu hamil) bumil dari risiko tumbuhnya tumor di area gusi.

Disampaikan drg Mira Madjid, MPH, Sp.Perio dari Amara Skin & Aesthetic Center RSU Bunda Jakarta, tumpukan plak yang tidak dibersihkan dapat memicu gusi meradang dan merangsang pertumbuhan tumor jinak.

“Radang gusi atau gingivitis yang tak dirawat bisa menyebabkan tumor di gusi. Sebenarnya, nggak berbahaya tapi saat hamil kan ibu butuh nutrisi lebih banyak, sehingga dengan adanya tumor bumil dikhawatirkan tidak mendapat asupan yang cukup,” ujar drg Mira pada peresmian ‘Amara Skin & Aesthetic Center RSU Bunda Jakarta, Senin (30/1/2017).

Ia menambahkan, kasus tumor di gusi pada ibu hamil cukup sering ditemukan. Presentasenya mencapai 40 persen. Sebagai upaya penanganan awal, bumil bisa kumur menggunakan air garam untuk meredakan peradangan.

“Tapi kalau radang sudah akut dan mengganggu, sebaiknya dibawa ke dokter untuk diberi penanganan lebih lanjut. Di sini kita punya metode laser untuk mengangkat tumor gusi yang minim pendarahan dan rasa sakit,” tambah dia.

Drg Mira mengatakan, kondisi radang gusi saat kehamilan umum terjadi. Hal ini disebabkan perubahan hormonal yang membuat bumil menjadi lebih sering mual, muntah ketika menggosok gigi.

“Sehingga banyak bumil yang malas menggosok gigi karena takut mual. Kalau mual sekali, ya minimal kumur pakai air putih setelah makan. Ketika merasa gusi mulai berdarah kumur pakai air garam untuk mengatasi peradangan,” pungkas dia.(suara.com)

 

About focus

Lihat Juga

Pentingnya Ruang Keluarga untuk Hubungan Orangtua dan Anak

Ruang keluarga merupakan bagian terpenting yang berdampak langsung terhadap suasana hati, dan kedekatan hubungan keluarga. …

Apa Bedanya Antara Hepatitis B dan C?

Penyakit hepatitis tentu tak asing lagi di telinga. Namun, penyakit hati ini terdiri dari berbagai …

Kandungan dalam Kopi Ini Bikin Anda Berumur Panjang

Tahukah Anda, ada satu keuntungan tak terduga dari secangkir kopi yang diminum di pagi hari. …

Waspada! Anak Sulit Sarapan Risiko Kekurangan Gizi Menghantui

Sarapan adalah makanan yang paling penting untuk memulai aktivitas sehari-hari. Ini penting karena seseorang harus …

Apa Manfaat Anak Ikut Lomba “17 Agustusan”? Ini Kata Psikolog

Selain upacara bendera, kegiatan yang identik dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia adalah perlombaan. Mulai …

Risiko Penularan Hepatitis B ke Anak Masih Tinggi

Indonesia masih diintai virus hepatitis. Meski angka kejadian hepatitis di Indonesia dilaporkan menurun, masyarakat diimbau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *