Senin , 1 Maret 2021
Home / Kesehatan / Jangan Langsung Menggosok Gigi Usai Konsumsi Makanan Asam

Jangan Langsung Menggosok Gigi Usai Konsumsi Makanan Asam

Bagi Anda yang hobi menyantap makanan dengan rasa asam, harus berhati-hati dengan masalah mulut dan gigi Anda. Karena, makanan asam merupakan salah satu pemicu gigi sensitif atau ngilu.

Menurut dokter spesialis konsultan konservasi gigi, drg. Diatri Nari Ratih, M.Kes, Sp.GK(K), setelah makan atau minum yang terasa asam, sebaiknya jangan langsung menyikat gigi.

“Paling tidak ditunggu 30-60 menit supaya ada remineralisasi dari ludah. Ludah itu punya kalsium dan fosfat. Itu adalah mineral yang bisa memineralisasi,” ujar Diatri kepada VIVA.co.id baru-baru ini.

Proses ini harus dilakukan karena makanan atau minuman yang memiliki rasa asam dapat membuat gusi lebih lunak. Jika langsung menggosok gigi, tentu itu bisa membuat gusi menjadi rusak dan akhirnya membuat gigi sensitif.

Diatri menuturkan, salah satu penyebab gigi sensitif adalah cara menggosok gigi yang salah yang mengakibatkan gusi turun.

Selain menunda menggosok gigi, cara lain untuk melindungi gigi setelah menyantap makanan asam adalah dengan meminum susu. Diatri mengatakan, susu bersifat alkali yang bisa menyeimbangkan antara asam dan basa di dalam mulut. Atau, bisa juga dengan mengonsumsi pepaya.(viva.co.id)

 

About focus

Lihat Juga

Pentingnya Ruang Keluarga untuk Hubungan Orangtua dan Anak

Ruang keluarga merupakan bagian terpenting yang berdampak langsung terhadap suasana hati, dan kedekatan hubungan keluarga. …

Apa Bedanya Antara Hepatitis B dan C?

Penyakit hepatitis tentu tak asing lagi di telinga. Namun, penyakit hati ini terdiri dari berbagai …

Kandungan dalam Kopi Ini Bikin Anda Berumur Panjang

Tahukah Anda, ada satu keuntungan tak terduga dari secangkir kopi yang diminum di pagi hari. …

Waspada! Anak Sulit Sarapan Risiko Kekurangan Gizi Menghantui

Sarapan adalah makanan yang paling penting untuk memulai aktivitas sehari-hari. Ini penting karena seseorang harus …

Apa Manfaat Anak Ikut Lomba “17 Agustusan”? Ini Kata Psikolog

Selain upacara bendera, kegiatan yang identik dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia adalah perlombaan. Mulai …

Risiko Penularan Hepatitis B ke Anak Masih Tinggi

Indonesia masih diintai virus hepatitis. Meski angka kejadian hepatitis di Indonesia dilaporkan menurun, masyarakat diimbau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *