Selasa , 28 September 2021
Home / Nasional / Inilah Deretan Tokoh yang Ikut Hadir di Demo 4 November

Inilah Deretan Tokoh yang Ikut Hadir di Demo 4 November

tokoh

Ribuan massa yang dikoordinir sejumlah ormas Islam, dipastikan akan ‘mengepung’ Jakarta pada Jumat (4/11/2016) besok.

Demo besar-besaran ini terkait kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama beberapa waktu lalu.

Selain ormas Islam dari Jabodetabek, aksi ini juga diikuti massa dari sejumlah daerah di Indonesia, seperti beberapa kota di Jawa, dari Medan, Makassar, Palembang dan masih banyak lagi.

Adapun aksi ini juga akan diikuti ratusan ulama, dai-dai kondang, serta tokoh-tokoh ormas Islam dan lainnya. Jadi, siapa saja tokoh yang akan turun dalam aksi tersebut? Berikut ulasan beberapa di antaranya, seperti dirangkum dari berbagai sumber:

1. Habib Rizieq

Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) mengajak warga NU dan Muhammadiyah untuk bersama-sama ikut dalam demo Ahok 4 November 2016. Sehari sebelum 4 November, Habib Rizieq Shihab sendiri memenuhi panggilan Bareskrim Polri di Jakarta, Kamis (3/11). Kedatangan Rizieq adalah untuk menjadi saksi ahli agama dalam perkara kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan petahana Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

2. Ustadz Arifin Ilham

Ustadz Arifin Ilham memastikan aksi unjuk rasa pada 4 November ini akan berjalan damai. “Yang turun, semua ulama ahli ahlussunnah wal jamaah. Yang datang semua orang-orang mukmin, yang jaga polisi saleh-saleh semua. Insya Allah damai,” ujarnya.

3. Aa Gym

Dalam akun Facebook miliknya, KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) mengungkap sejumlah alasan bergabung dalam aksi demo 4 November. “Insya Allah Aa akan ikut bergabung pada 4 November… Mudah-mudahan ini jadi amal sholih kita semua,” tulisnya.

4. Tengku Zulkarnain

Wasekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI), Tengku Zulkarnain, merupakan salah satu sosok  yang bersikap tegas atas pernyataan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) terkait surat Al Maidah.

“Wahai Para Mujahid. Malam Ini Kurangi Tidur Utk Munajat Agar Perjuangan Besok DAHSYAT.Biarkan Mereka Tuan Mener dkk Tidak Tidur Karena NGERI,” ujarnya lewat kicauan di akun Twitter @UstadTengku, Kamis (3/11/2016).

5. Ratna Sarumpaet

Ratna memastikan diri untuk ikut dalam demo 4 November dan akan bergabung dengan elemen mahasiswa beserta para ustadz dari Banten atas nama “Muslim Banten Bela Islam”.

6. Yusril Ihza Mahendra

Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra mengimbau agar para demonstran yang akan turun ke jalan pada 4 November ini bisa menjaga situasi tetap aman.

“Demo besar 4 November kini tak dapat dihindari lagi. Maka saya mengajak, marilah kita sama-sama menjaga demo ini agar tidak berubah menjadi kerusuhan dan tindak kekerasan yang pasti akan merugikan kepentingan bangsa kita seluruhnya,” jelasnya.

7. AM Fatwa

Di akun media sosialnya, AM Fatwa menulis pesan kepada Habib Rizieq dan Ustadz Bachtiar Nasir. Di antara isinya adalah: “Saya sengaja menunda perjalanan ke luar kota yang sudah direncanakan sejak lama, untuk aksi ini. Saya akan MEMIMPIN BARISAN MAHASISWA Stebank Sjafruddin Prawiranegara yang di dalamnya juga akan bergabung warga YAYASAN ASRAMA PELAJAR ISLAM (YAPI) yang didirikan Prawoto Mangkusasmito dan Mr. Moh. Roem.”

8. Ahmad Dhani

“Saya mengimbau kepada artis yang selama ini Islami, artis yang menyanyikan lagu religius, artis-artis yang selama ini menggunakan simbol Islam dan artis-artis yang menikmati hasil dari menjual Islam, harusnya tanggal 4 besok ikut demo,” kata Dhani di kediamannya, kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, Kamis (3/11/2016).
9. Fadli Zon

“‎Tadi kita diminta ikut untuk aksi ini. Saya Insya Allah bersedia. Saudara Fahri juga. Ini bentuk solidaritas dan tujuan kita untuk menegakkan konstitusi Pasal 27 ayat 1. Aksi ini untuk mendorong penegakan hukum, bukan SARA,” kata Fadli, seusai menerima rombongan yang dipimpin Habib Rizieq Shihab di DPR, Jumat (28/10/2016).

10. Fahri Hamzah

“Hadir. Saya mengimbau Ketua DPR hadir, supaya menunjukkan pada masyarakat, (bahwa) biasa demokrasi itu,” kata Fahri pula beberapa hari lalu.(suara.com)

 

About focus

Lihat Juga

PANDEMI COVID-19, PT GARAM BERIKAN BANTUAN DANA KEMASLAHATAN UMAT

Senin (18/5), ditengah pandemi Covid-19 PT Garam (Persero) terus melakukan aksi sosial kepada masyarakat sekitar. …

Berbagi, PT Garam Gelontorkan 5000 Paket Sembako Dibeberapa Daerah

Sumenep-,  Di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, PT Garam (Persero) melalui Badan Amil Zakat …

Kapolda Jatim OTT Bisnis Solar Illegal, 4 Nama Perusahaan Negara di Sumenep Ditengarai Terlibat

Sumenep -, Paska Operasi Tangkap Tangan Penyelewengan BBM jenis Solar Subsidi yang di lakukan di …

SENAPATI NUSANTARA Desak Pemerintah Segera Tetapkan Hari Keris Nasional, Ini Kata Tokoh Keris di Negeri Para Empu

Jakarta-, Paguyuban Senapati Nusantara bersama Kemendikbud berharap dan mendukung Pemerintah dalam waktu dekat untuk menetapkan …

LHKPN Kepala Daerah Jatim Diperiksa KPK, LSM Gasak : Jangan Sampai ada Atasnama dan Persoalan Lama Wajib Diproses

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dijadwalkan dalam sepekan ini akan melakukan pemeriksaan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara …

KPK Tangkap Tangan 6 Hakim dan Panitera PN Jaksel

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap penegak hukum. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *