Senin , 27 September 2021
Home / Kesehatan / Ini yang Terjadi Saat Anda Duduk dan Nonton TV Terlalu Lama

Ini yang Terjadi Saat Anda Duduk dan Nonton TV Terlalu Lama

Akhir pekan biasanya adalah saat yang tepat untuk bermalas-malasan. Seperti duduk berjam-jam menonton televisi, dv d atau bahkan bermain games.

Tapi sebaiknya, jangan lakukan kegiatan ini terlalu lama, karena menurut para ilmuan, ini justru dapat meningkatkan masalah mobilitas di kemudian hari.

Periode duduk dan menonton televisi yang berkepanjangan menyebabkan kondisi yang disebut ‘Three Fold’, yakni risiko pengembangan kesulitan berjalan di kemudian hari, sebuah penelitian baru telah menunjukkan.

Studi yang diikuti oleh sekelompok orang sehat berusia antara 50-71 selama 10 tahun, mendapati bahwa duduk berkepanjangan sangat berbahaya bila dikombinasikan dengan tingkat aktivitas fisik yang rendah.

Peserta yang menonton TV 5 jam atau lebih memiliki risiko 65 persen lebih tinggi mengalami cacat mobilitas di akhir studi, dibandingkan dengan mereka menonton TV dalam jumlah sedikit (kurang dari 2 jam per hari), terlepas dari tingkat aktivitas fisik mereka.

Namun, mereka yang memiliki tiga jam per minggu atau kurang aktivitas fisik ternyata lebih cenderung mengalami kesulitan berjalan pada akhir penelitian.

Studi ini muncul seminggu setelah Public Health England mengumumkan bahwa Inggris menghadapi ‘bom waktu’ kesehatan yang mengejutkan karena banyak masyarakat mereka yang tidak tidak aktif secara fisik.

Survei tersebut menunjukkan bahwa lebih dari 6 juta orang setengah baya di Inggris gagal membiasakan diri mereoa dalam jalan cepat selama 10 menit, dalam sebulan.

“Seiring bertambahnya usia, semakin sedikit kita menggunakan otot kita, semakin buruk ukuran dan kualitasnya,” kata Dr James Brown dari Aston University dan perwakilan dari British Society for Research on Aging.(suara.com)

 

About focus

Lihat Juga

Apa Bedanya Antara Hepatitis B dan C?

Penyakit hepatitis tentu tak asing lagi di telinga. Namun, penyakit hati ini terdiri dari berbagai …

Kandungan dalam Kopi Ini Bikin Anda Berumur Panjang

Tahukah Anda, ada satu keuntungan tak terduga dari secangkir kopi yang diminum di pagi hari. …

Waspada! Anak Sulit Sarapan Risiko Kekurangan Gizi Menghantui

Sarapan adalah makanan yang paling penting untuk memulai aktivitas sehari-hari. Ini penting karena seseorang harus …

Apa Manfaat Anak Ikut Lomba “17 Agustusan”? Ini Kata Psikolog

Selain upacara bendera, kegiatan yang identik dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia adalah perlombaan. Mulai …

Risiko Penularan Hepatitis B ke Anak Masih Tinggi

Indonesia masih diintai virus hepatitis. Meski angka kejadian hepatitis di Indonesia dilaporkan menurun, masyarakat diimbau …

Berkaki Kurus, Waspadai Diincar Penyakit Ini

Kondisi kaki yang kurus bisa jadi tanda yang menunjukkan Anda mengidap gangguan metabolik. Sebuah studi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *