Minggu , 7 Maret 2021
Home / Kesehatan / Ini yang Sebaiknya Perempuan Hindari Saat Haid

Ini yang Sebaiknya Perempuan Hindari Saat Haid

Berikan ciuman selamat tinggal bagi beberapa hal favorit yang biasa dilakukan saat masuk masa menstruasi untuk setidaknya, satu Minggu atau lebih.

Memasuki periode haid, banyak perempuan mengalami beberapa hal menyedihkan seperti mual, muntah, sakit kepala, sakit punggung, diare, kram parah dan tentu saja, mood yang naik turun.

Maka dari itu, saat memasuki masa haid, ada beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan. Apa saja? Berikut ulasannya dilansir dari MirrorOnline.

1. Jangan Konsumsi Makanan (Enak) ini
Sangat menyedihkan memang, ketika mood sedang tak pasti dan satu slice kue sepertinya bisa membuat suasana hati lebih baik, ternyata, kue dan makanan sarat kalori lain masuk daftar hitam saat haid.

Dr. Angela Jones, OBGYN mengatakan, bahwa kenyamanan dalam mengonsumsi makanan asin tidak hanya dapat mengeringkan tubuh yang membuat kram semakin buruk, tetapi juga berkontribusi pada retensi kembung (air) yang perempuan rasakan ketika waktu periode.

Bahkan, dikatakan bahwa susu juga tak memberikan efek lebih baik. “Pernah melihat berapa banyak kandungan gas ketika memasuki periode Anda? Sebagian besar merupakan hormonal. Tambahkan susu dan itu seperti menambahkan garam ke atas luka,” ungkap Dr. Jones.

2. Jangan Lakukan Seks Tanpa Pengaman
Kecuali tentu saja, jika Kamu sedang ingin hamil. Karena merupakan mitos lama bahwa perempuan tidak dapat hamil ketika berhubungan seks saat masa periode.

Selain faktor tersebut, faktor lain adalah karena leher rahim seorang perempuan sebagian terbuka selama periode haid. Virus, infeksi dan bug lain akan masuk tidak hanya melalui vagina, tetapi juga terus menuju leher rahim dan panggul.

3. Jangan Konsumsi Kopi dan Merokok
Kopi ternyata dapat membatasi pembuluh darah di tubuh yang bisa membuat kram semakin parah.

Selain kopi, menurut sebuah studi yang dikeluarkan pada 2014 dari University of Queensland mengatakan bahwa merokok dapat membuat  perempuan yang sedang haid merasakan sakit yang berlarut-larut.

4. Jangan Melakukan Waxing
Saat memasuki masa haid, kulit akan lebih peka sehingga akan terasa jauh lebih sakit saat melakukan waxing ketika memasuki periode haid.

Perubahan kadar hormon yang terjadi saat menstruasi juga berarti akan lebih menyakitkan dan tidak akurat untuk melakukan pemeriksaan payudara atau mammogram.(suara.com)

 

About focus

Lihat Juga

Pentingnya Ruang Keluarga untuk Hubungan Orangtua dan Anak

Ruang keluarga merupakan bagian terpenting yang berdampak langsung terhadap suasana hati, dan kedekatan hubungan keluarga. …

Apa Bedanya Antara Hepatitis B dan C?

Penyakit hepatitis tentu tak asing lagi di telinga. Namun, penyakit hati ini terdiri dari berbagai …

Kandungan dalam Kopi Ini Bikin Anda Berumur Panjang

Tahukah Anda, ada satu keuntungan tak terduga dari secangkir kopi yang diminum di pagi hari. …

Waspada! Anak Sulit Sarapan Risiko Kekurangan Gizi Menghantui

Sarapan adalah makanan yang paling penting untuk memulai aktivitas sehari-hari. Ini penting karena seseorang harus …

Apa Manfaat Anak Ikut Lomba “17 Agustusan”? Ini Kata Psikolog

Selain upacara bendera, kegiatan yang identik dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia adalah perlombaan. Mulai …

Risiko Penularan Hepatitis B ke Anak Masih Tinggi

Indonesia masih diintai virus hepatitis. Meski angka kejadian hepatitis di Indonesia dilaporkan menurun, masyarakat diimbau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *