Rabu , 3 Maret 2021
Home / Kesehatan / Ini yang Perlu Dipahami Saat Olahraga dengan Perut Kosong

Ini yang Perlu Dipahami Saat Olahraga dengan Perut Kosong

Beberapa orang beranggapan olahraga baik dilakukan saat perut kosong. Benarkah olahraga dengan perut kosong adalah jaminan untuk cepat langsing?

Dijelaskan dokter spesialis kedokteran olahraga dari Klinik Slim and Health di RS Mitra Kemayoran dan Mal Taman Anggrek Jakarta, dr Michael Triangto SpKO, umumnya setiap individu yang hendak berolahraga perlu menetapkan terlebih dahulu tujuan dari olahraga yang dilakukan.

“Olahraga dalam keadaan perut kosong biasanya lebih ditujukan untuk membakar lemak tubuh. Jadi kalau menurunkan berat badan menjadi kurang efektif karena akan meningkatkan nafsu makan setelah selesai berolahraga,” ucap dr Michael.

Selain itu, jika melakukan olahraga berat akan lebih nyaman bila perut dalam keadaan kosong. Namun perlu diingat olahraga dengan perut kosong berpotensi menurunkan kadar gula darah yang akan menurunkan kemampuan berolahraga itu sendiri.

Melakukan olahraga dengan perut kosong akan membuat sumber energi cepat habis. Makin dipaksakan, makin besar risiko untuk balas dendam dengan makan berlebihan setelah latihan.

“Jika dalam keadaan perut penuh dan olahraga berintensitas tinggi berpotensi mengganggu gerakkan dan memungkinkan terjadinya muntah,” tandas dr Michael.

Beberapa waktu lalu, nutrisionis Adena Neglia tidak menyarankan untuk tidak makan sebelum berolahraga. Jika perut kosong, maka Anda tidak akan memiliki bekal energi yang cukup untuk optimal berolahraga. Namun jika sekitar 2-3 jam sebelumnya Anda sudah makan berat, maka Anda mungkin cukup kuat melakukan latihan ringan.

Asupan yang bisa diasup sebelum olahraga adalah karbohidrat dan protein. Pilihannya yakni termasuk oatmeal dengan buah atau selai kacang; serta potongan buah seperti apel atau pisang dengan yoghurt. Camilan seperti kue beras bisa memberi cukup energi untuk olahraga jika dimakan kira-kira 30 menit sebelum memulai latihan.(detik.com)

 

About focus

Lihat Juga

Pentingnya Ruang Keluarga untuk Hubungan Orangtua dan Anak

Ruang keluarga merupakan bagian terpenting yang berdampak langsung terhadap suasana hati, dan kedekatan hubungan keluarga. …

Apa Bedanya Antara Hepatitis B dan C?

Penyakit hepatitis tentu tak asing lagi di telinga. Namun, penyakit hati ini terdiri dari berbagai …

Kandungan dalam Kopi Ini Bikin Anda Berumur Panjang

Tahukah Anda, ada satu keuntungan tak terduga dari secangkir kopi yang diminum di pagi hari. …

Waspada! Anak Sulit Sarapan Risiko Kekurangan Gizi Menghantui

Sarapan adalah makanan yang paling penting untuk memulai aktivitas sehari-hari. Ini penting karena seseorang harus …

Apa Manfaat Anak Ikut Lomba “17 Agustusan”? Ini Kata Psikolog

Selain upacara bendera, kegiatan yang identik dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia adalah perlombaan. Mulai …

Risiko Penularan Hepatitis B ke Anak Masih Tinggi

Indonesia masih diintai virus hepatitis. Meski angka kejadian hepatitis di Indonesia dilaporkan menurun, masyarakat diimbau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *