Minggu , 1 Agustus 2021
Home / Kesehatan / Ini yang Bikin Orang Jadi Ketagihan Merokok

Ini yang Bikin Orang Jadi Ketagihan Merokok

ilustrasi

Sekali mencoba, orang cenderung ingin mengisap rokok lagi dan lagi.

Perokok aktif kini tak hanya orang dewasa, tapi anak-anak sekolah pun sudah ada yang merasa kurang nyaman ketika tidak menyulut batang rokok dalam satu hari.

Padahal pola ketergantungan rokok ini awalnya bermula dari sekadar coba-coba. Tapi itulah rokok, kandungannya memang benar-benar bikin orang yang mengisapnya menjadi ketagihan.

Lantas, apa sih yang bikin orang jadi ketergantungan dengan rokok? Menurut dr Feni Fitriani Taufik, SpP dari RS Persahabatan, nikotin yang terkandung dalam rokoklah yang menyebabkan orang jadi ketergantungan.

Saat diisap, lanjut dia, nikotin akan melesat ke otak dalam waktu beberapa detik saja. Bahkan efeknya dianggap lebih cepat dari obat yang dimasukkan ke dalam pembuluh darah.

“Ketika masuk, nikotin akan ditangkap reseptor alfa4beta2 yang merangsang produksi hormon dopamin. Inilah yang membuat perokok merasakan sensasi nyaman, rileks, tenang, bahkan bisa membuatnya berkonsentrasi,” ujar Feni pada temu media Peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia di Jakarta, Jumat (27/5/2016).

Ia menambahkan ketika seseorang dalam kondisi tidak merokok, maka hormon dopamin kadarnya berkurang dalam tubuh hingga seseorang merasakan kembali situasi tidak nyaman, stres, dan sulit berkonsentrasi. Kondisi inilah yang membuat mereka kembali menyulut beberapa batang rokok untuk mengembalikan rasa nyaman dan rileks yang sempat hilang.

“Jika sudah seperti ini ya perokok sudah mengalami tahap candu. Padahal semakin dia merokok maka semakin tinggi paparan nikotin dan semakin tinggi pula tingkat candunya,” tambah Feni.

Ia juga menyebut bahwa seseorang disebut kecanduan rokok jika jumlah konsumsi rokok mencapai tiga bungkus per hari dan hal pertama yang dicari saat bangun tidur adalah rokok.(suara.com)

 

About focus

Lihat Juga

Pentingnya Ruang Keluarga untuk Hubungan Orangtua dan Anak

Ruang keluarga merupakan bagian terpenting yang berdampak langsung terhadap suasana hati, dan kedekatan hubungan keluarga. …

Apa Bedanya Antara Hepatitis B dan C?

Penyakit hepatitis tentu tak asing lagi di telinga. Namun, penyakit hati ini terdiri dari berbagai …

Kandungan dalam Kopi Ini Bikin Anda Berumur Panjang

Tahukah Anda, ada satu keuntungan tak terduga dari secangkir kopi yang diminum di pagi hari. …

Waspada! Anak Sulit Sarapan Risiko Kekurangan Gizi Menghantui

Sarapan adalah makanan yang paling penting untuk memulai aktivitas sehari-hari. Ini penting karena seseorang harus …

Apa Manfaat Anak Ikut Lomba “17 Agustusan”? Ini Kata Psikolog

Selain upacara bendera, kegiatan yang identik dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia adalah perlombaan. Mulai …

Risiko Penularan Hepatitis B ke Anak Masih Tinggi

Indonesia masih diintai virus hepatitis. Meski angka kejadian hepatitis di Indonesia dilaporkan menurun, masyarakat diimbau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *