Senin , 1 Maret 2021
Home / Kesehatan / Ini Dia Efek Positif Stres yang Harus Anda Tahu

Ini Dia Efek Positif Stres yang Harus Anda Tahu

Stres selama ini dikenal sebagai hal yang dapat memberikan sesuatu yang negatif bagi diri kita. Bahkan, stres bisa menyebabkan kesehatan terganggu. Tapi, tahukah Anda jika stres juga memiliki efek positif untuk diri kita?

Dalam istilah ilmiah, stres yang baik disebut “eustress”. Eustress adalah percikan yang mendorong kita untuk mencapai sesuatu yang lebih, seperti meningkatkan kualitas hidup kita, mendapatkan kenaikan gaji, memperjuangkan keadilan, atau hanya pergi berlibur.

Nah, berikut adalah daftar dari efek positif dari stres yang dilansir dari Times of India.

1. Meningkatkan kemampuan otak

Stres tingkat rendah dapat membantu otak memproduksi bahan kimia yang disebut neurotrophins dan memperkuat hubungan antara neuron di otak. Bahkan, stres bisa menjadi mekanisme utama bagaimana otak berolahraga, yang membantu meningkatkan produktivitas dan konsentrasi. Stres psikologis jangka pendek juga memiliki efek yang sama.

2. Dapat meningkatkan imunitas jangka pendek

Ketika tubuh Anda merespon stres, persiapkan diri untuk berbagai kemungkinan yang akan terjadi. Cara tubuh kita merespon stres adalah dengan memproduksi interleukin tambahan, zat kimia yang membantu mengatur sistem kekebalan tubuh, memberikan setidaknya mekanisme defensif sementara.

3. Membuat Anda lebih kuat

Mengelola stres dapat membuat Anda memahami bagaimana menghadapi situasi yang tengah Anda hadapi di kemudian hari. Mengulang paparan peristiwa yang menyebabkan Anda stres, membuat tubuh berkembang, baik secara fisik dan kontrol psikologis.

4. Membuat Anda kreatif

Stres mendorong Anda untuk berubah, melawan, atau tumbuh dan beradaptasi. Semua peristiwa kehidupan, bahkan yang baik, menyebabkan tingkat stres tertentu. Misalnya, mendapatkan pekerjaan baru adalah perubahan positif, atau menikah, jatuh cinta, mendapatkan kenaikan gaji, memenangkan pertandingan tenis dan sebagainya. Stres sering menyertai saat kita melakukan terobosan dalam kreativitas.

5. Memotivasi Anda untuk sukses

Eustress dapat menjadi hal yang Anda butuhkan ketika melakukan berbagai tugas di tempat kerja Anda. Misalnya saat Anda berpikir tentang tenggat waktu pekerjaan. Ini akan mendorong perilaku Anda untuk mengelola situasi efektif dan lebih produktif. Sukses dapat dicapai di tempat kerja, olahraga, atau dalam usaha kreatif jika itu didorong oleh beberapa tekanan.

6. Meningkatkan perkembangan anak dalam kandungan

Perempuan hamil sering khawatir bahwa kecemasan yang mereka rasakan akan berdampak negatif pada bayi mereka yang masih di dalam rahim. Ya, ini bisa terjadi jika rasa cemas dan stres Anda rasakan secara terus menerus. Tetapi jika tingkat stres moderat, sebenarnya dapat menjadi baik untuk anak dalam kandungan. Sebuah studi menemukan bahwa anak-anak dari kebanyakan perempuan yang melaporkan mengalami stres ringan sampai sedang selama kehamilan, benar-benar menunjukkan motorik yang lebih besar dan mendapatkan perkembangan keterampilan pada usia dua tahun daripada mereka yang lahir dari ibu yang tanpa stres.(suara.com)

 

About focus

Lihat Juga

Pentingnya Ruang Keluarga untuk Hubungan Orangtua dan Anak

Ruang keluarga merupakan bagian terpenting yang berdampak langsung terhadap suasana hati, dan kedekatan hubungan keluarga. …

Apa Bedanya Antara Hepatitis B dan C?

Penyakit hepatitis tentu tak asing lagi di telinga. Namun, penyakit hati ini terdiri dari berbagai …

Kandungan dalam Kopi Ini Bikin Anda Berumur Panjang

Tahukah Anda, ada satu keuntungan tak terduga dari secangkir kopi yang diminum di pagi hari. …

Waspada! Anak Sulit Sarapan Risiko Kekurangan Gizi Menghantui

Sarapan adalah makanan yang paling penting untuk memulai aktivitas sehari-hari. Ini penting karena seseorang harus …

Apa Manfaat Anak Ikut Lomba “17 Agustusan”? Ini Kata Psikolog

Selain upacara bendera, kegiatan yang identik dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia adalah perlombaan. Mulai …

Risiko Penularan Hepatitis B ke Anak Masih Tinggi

Indonesia masih diintai virus hepatitis. Meski angka kejadian hepatitis di Indonesia dilaporkan menurun, masyarakat diimbau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *