Sabtu , 15 Mei 2021
Home / Kesehatan / Ini Akibatnya Sering Gunakan Ponsel Sebelum Tidur

Ini Akibatnya Sering Gunakan Ponsel Sebelum Tidur

ilustrasi

Tak hanya meningkatkan risiko terhadap berbagai penyakit, tapi juga mempengaruhi kesuburan Anda.

Tak hanya mengganggu kualitas tidur, menggunakan ponsel sebelum tidur juga dapat meningkatkan risiko terhadap berbagai penyakit termasuk menurunkan tingkat kesuburan Anda.

Sebuah studi terkini menunjukkan bahwa paparan cahaya biru dari ponsel sebelum tidur dapat menekan tingkat melatonin tubuh Anda yang berperan mempersiapkan tubuh untuk beristirahat. Kekurangan hormon inilah yang disebut-sebut terkait berbagai masalah kesehatan yang serius.

“Tingkat melatonin yang rendah tak hanya berhubungan dengan kesulitan saat tidur, tapi juga dapat membuka pintu untuk berbagai masalah kesehatan seperti konsentrasi terganggu, melemahnya fungsi kekebalan tubuh, depresi, diabetes, dan bahkan penyakit jantung,” kata Nicole Van Groningen, MD, internis di NYU Langone Medical Pusat.

Selain itu, lanjut dia, penurunan kadar melatonin yang disebabkan dari cahaya ponsel juga memiliki efek samping melebihi gangguan tidur, yakni memicu gangguan kesuburan.

“Paparan cahaya yang dihasilkan ponsel berkaitan dengan kesuburan yang berkontribusi pada kesulitan memiliko keturunan pada sebagian besar pasangan,” imbuhnya.

Bukan itu saja, Nicole menyebut penggunaan ponsel di malam hari juga dapat meningkatkan risiko kanker payudara, karena melatonin adalah hormon yang dapat membantu mencegah pembentukan sel tumor.

Sebuah studi 2015 yang diterbitkan dalam journal ‘Proceedings dari National Academy of Sciences’ juga menemukan bahwa terlalu banyak paparan cahaya dari ponsel dapat meningkatkan lemak tubuh pada tikus sebanyak 21 persen dan hal ini mungkin juga terjadi pada manusia.

Selain penggunaan ponsel Nicole menyebut bahwa cahaya biru yang berbahaya bagi kesehatan ini juga dihasilkan oleh laptop, komputer dan piranti elektronik lainnya seperti televisi.

Bahkan Shannon Gleason, selaku optometrist di Pusat Penglihatan di Florida menjelaskan, kebiasaan menggunakan gadget dan menonton televisi sebelum tidur menyebabkan katarak yang pada gilirannya membuat seseorang kehilangan penglihatan.

Untuk mencegah terjadinya berbagai masalah ini Nicole mengimbau agar masyarakat membatasi intensitas penggunaan gadget sebelum tidur.

“Anda juga dapat mencoba menggunakan lampu yang memancarkan frekuensi yang lebih rendah ketika tidur sehingga tidak mengganggu produksi melatonin,” pungkasnya. (Foxnews.com)

 

About focus

Lihat Juga

Pentingnya Ruang Keluarga untuk Hubungan Orangtua dan Anak

Ruang keluarga merupakan bagian terpenting yang berdampak langsung terhadap suasana hati, dan kedekatan hubungan keluarga. …

Apa Bedanya Antara Hepatitis B dan C?

Penyakit hepatitis tentu tak asing lagi di telinga. Namun, penyakit hati ini terdiri dari berbagai …

Kandungan dalam Kopi Ini Bikin Anda Berumur Panjang

Tahukah Anda, ada satu keuntungan tak terduga dari secangkir kopi yang diminum di pagi hari. …

Waspada! Anak Sulit Sarapan Risiko Kekurangan Gizi Menghantui

Sarapan adalah makanan yang paling penting untuk memulai aktivitas sehari-hari. Ini penting karena seseorang harus …

Apa Manfaat Anak Ikut Lomba “17 Agustusan”? Ini Kata Psikolog

Selain upacara bendera, kegiatan yang identik dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia adalah perlombaan. Mulai …

Risiko Penularan Hepatitis B ke Anak Masih Tinggi

Indonesia masih diintai virus hepatitis. Meski angka kejadian hepatitis di Indonesia dilaporkan menurun, masyarakat diimbau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *