Kamis , 4 Maret 2021
Home / Kesehatan / Hindari Minuman Ini saat Buka Puasa dan Sahur

Hindari Minuman Ini saat Buka Puasa dan Sahur

Cairan tubuh yang cukup selama berpuasa, dibutuhkan untuk tetap aktif saat beraktivitas. Namun, beberapa cairan dari minuman tertentu, ternyata tidak dianjurkan dikonsumsi selama berpuasa.

Anjuran minum delapan gelas sehari, diberikan agar dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Tetapi, yang perlu dipahami, cairan tersebut sebaiknya tidak dipenuhi dari air putih saja.

“Delapan gelas sehari selama berpuasa itu hanya mencakup air mineral saja. Enggak termasuk minuman-minuman lain yang biasanya dikonsumsi saat berbuka atau sahur,” ujar spesialis gizi, dr  Eva Maria SpGK, kepada VIVA.co.id belum lama ini.

Eva mengatakan, salah satu minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi yaitu jenis minuman dingin. Sebab, minuman ini dapat membuat perut menjadi cepat kembung dan akhirnya mengonsumsi sedikit asupan makanan saja.

“Minuman dingin itu membuat tubuh menjadi cepat kenyang karena efeknya yang bikin kembung. Selain itu, minuman dingin cenderung memicu kenaikan pada asam lambung, jika dikonsumsi saat berbuka puasa,” katanya lagi.

Tidak hanya minuman dingin, Eva juga tidak menganjurkan konsumsi minuman yang mengandung kafein, secara berlebihan. Ia berujar, sifat diuretik pada kafein, cenderung membuat cairan lebih cepat keluar dari tubuh.

“Sebaiknya hindari dulu kafein karena bisa membuat cairan di tubuh menurun, padahal kita butuh cairan selama seharian penuh. Apalagi, konsumsi kafein di saat berbuka puasa juga cenderung membuat asam lambung menjadi naik karena perut yang masih kosong,” paparnya.(viva.co.id)

 

About focus

Lihat Juga

Pentingnya Ruang Keluarga untuk Hubungan Orangtua dan Anak

Ruang keluarga merupakan bagian terpenting yang berdampak langsung terhadap suasana hati, dan kedekatan hubungan keluarga. …

Apa Bedanya Antara Hepatitis B dan C?

Penyakit hepatitis tentu tak asing lagi di telinga. Namun, penyakit hati ini terdiri dari berbagai …

Kandungan dalam Kopi Ini Bikin Anda Berumur Panjang

Tahukah Anda, ada satu keuntungan tak terduga dari secangkir kopi yang diminum di pagi hari. …

Waspada! Anak Sulit Sarapan Risiko Kekurangan Gizi Menghantui

Sarapan adalah makanan yang paling penting untuk memulai aktivitas sehari-hari. Ini penting karena seseorang harus …

Apa Manfaat Anak Ikut Lomba “17 Agustusan”? Ini Kata Psikolog

Selain upacara bendera, kegiatan yang identik dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia adalah perlombaan. Mulai …

Risiko Penularan Hepatitis B ke Anak Masih Tinggi

Indonesia masih diintai virus hepatitis. Meski angka kejadian hepatitis di Indonesia dilaporkan menurun, masyarakat diimbau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *