Minggu , 19 Mei 2019
Home / Sumenep / HANYA DI SUMENEP CALEG DPRD PROVINSI JATIM MENJABAT DIREKSI BUMD

HANYA DI SUMENEP CALEG DPRD PROVINSI JATIM MENJABAT DIREKSI BUMD

Sumenep – Bupati Sumenep telah melakukan pelantikan terhadap dua orang yang mengemban tugas sebagai jajaran direksi Badan Usaha Milik daerah (BUMD) PT. Sumekar Line, dua orang tersebut adalah Moh. Syafi’i sebagai direktur utama dan Ahmad Zainal Arifin direktur PT Sumekar Line.
PT Sumekar Line selama merupakan Badan Usaha Milik daerah Sumenep, yang melaksanakan kegiatan pelayaran komersial antar pulau di Sumenep.

Namun berdasarkan catatan redaksi focusmadura.com, sejak pada proses pemilihan hingga pelantikan kedua direksi BUMD Kabupaten Sumenep, serasa ada yang janggal, yakni seperti Moh. Syafi’i, yang sebelumnya merupakan ketua PAC PKB Kecamatan Arjasa dan Ahmad Zainal Arifin, yang tidak lain merupakan Calon Legislatif DPRD Provinsi Jawa Timur dari Parpol PKB.

Usai dilantikan kedua jajaran direksi BUMD Kabupaten Sumenep tersebut, Bupati Sumenep, A Busro Kariem menjelaskan bahwa pihaknya mengakui bahwa ada salah Caleg yang juga turut mendaftar dan saat ini telah dilantik menjabat sebagai direktur BUMD PT Sumekar Line, yakni atas nama Ahmad Zainal.

“ yang bersangkutan memang merupakan Caleg DPRD Provinsi Jawa Timur, dan sudah mengundurkan diri sebagai caleg, dan sudah terselesaikan di tingkat tim seleksi, dan yang jelas saat ini sudah menjabat sebagai direktur BUMD PT. Sumekar Line “, ungkap Bupati Sumenep, A Busro Kariem.

Menanggapi persoalan tersebut, kritikan pun dilontarkan oleh aktifis LSM Formatif Sumenep, Fadal, yang menjelaskan bahwa sejak awal penjaringan calon direksi BUMD PT Sumekar Line ini memang penuh dengan drama kejanggalan yang cenderung kearah politik, padahal yang seharusnya karakter sejati Badan Usaha Milik daerah ini seharusnya dikelola dengan seorang yang profesional, melainkan bukan seseorang yang bermodalkan dekat dengan sang Bupati.

“ sejak awal saya sudah memprediksikan ada yang tidak beres dalam proses pencalonan direksi BUMD PT Sumekar Line, dan hal tersebut akhirnya terbukti, nuansa politik yang kental terlihat pada tubuh BUMD yang bergerang dalam bidang usaha pelayaran komersial antar pulau tersebut “, terang Fadal.

Fadal juga membeberkan bahwa ya bagaimanabisa seorang Caleg yang masuk dalam Daftar Calon tetap DPRD Provinsi Jawa Timur mengikuti perhelatan pencalonan direksi sebuah BUMD, sementara aturan atau persyaratan pencalonan direksi BUMD sangat jelas disebutkan pada surat edaran, bahwa calon direksi PT Sumekar Line tidak sedang menjadi pengurus partai politik,calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah, dan/atau calong anggota legislatif. Dengan catatan bahwa pada waktu itu pendaftaran calon direksi PT Sumekar Line dibuka sejak 21-23 Noember 2018 lalu, sementara itu pengumuman daftar calon tetap anggota DPRD Provinsi yakni pada 21 September 2018 – 23 September 2018, sehingga mengindiksikan bahwa tim seleksi kecolongan, bahwa yang mendaftar ini ada seorang Caleg aktif,dengan dibuktikan dengan pengumuman resmi KPU terkait DCT.

“ ini tim seleksi tidak tahu apa pura-pura tidak tahu, toh, kenapa si Caleg ini masih diterima, lalu apa asih tidaak mengakui bahwa ada usur kedekatan politik dalam proses pencalonan direksi PT Sumekar Line ini “, singgung fadal.

Fadal juga menambahkan bahwa dirinya mempersilahkan semua pihak yang berwenang dalam persoalan ini untuk tidak hanya berdiam diri saja, karena yang jelas dalam proses pemilihan direksi PT Sumekar Line, yang merupakan salah satu BUMD Kabupaten Sumenep yang strategis ini, dirasuki oleh hal-hal politik yang tidak profesional.

“ kalau salah, ya harus berani di perbaiki dong, jangan malah iku-ikut diam “,pungkasnya.(Ros/one)

 

About Focus Madura

Lihat Juga

Digrebek Berselingkuh, Oknum Kadis Di Sumenep Akan Disanksi Tegas

Sumenep – Beberapa waktu yang lalu warga Sumenep dihebohkan oleh kabar digrebeknya seorang oknum Kepala …

Gaduh PT Sumekar Line, Komisi II DPRD Tantang Bupati Seleksi Ulang

  Sumenep – Polemik berkepanjangan terkait proses penyeleksian direksi PT Sumekar Line, yang merupakan salah …

Ini Video Bupati Sumenep Yang Diduga Terlibat Kampanye

 

Melanggar, PGK Tuding Bawaslu Sumenep Takut Hadapi Bupati dan Istrinya

Sumenep – Diduga terlibat dalam kampanye pemenangan capres cawapres nomor urut 01. Kampanye itu dilakukan …

VIRAL!!! Diduga Kuat Seorang Kadis Pemkab Sumenep Digerebek Istri Sendiri

Sumenep –  Salah satu Pejabat di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Sumenep membuat geger media sosial, pasalnya …

Fenomena Sumur Bor Keluarkan Gas Gegerkan Warga Sumenep

Sumenep-, Fenomena sumur bor keluarkan gas kembali terjadi di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Sontak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *