Kamis , 4 Maret 2021
Home / Kesehatan / Hamil Bayi Perempuan Lebih Rentan Terhadap Penyakit?

Hamil Bayi Perempuan Lebih Rentan Terhadap Penyakit?

Bagi pasangan suami-istri, kabar kehamilan menjadi berita yang ditunggu-tunggu. Hal berikutnya yang umumnya ada di pikiran adalah terkait jenis kelamin si anak yang ada dalam kandungan.

Meski di banyak negara, mendeteksi jenis kelamin bayi saat masih dalam kandungan merupakan pelanggaran hukum, namun tetap saja hal itu membuat banyak orang tua ingin tahu tentang jenis kelamin karena berbagai alasan.

Misalnya, mengetahui jenis kelamin anak akan membantu mereka memilih nama, pakaian, dan sebagainya. Jadi, kadang orang tua akan sangat bersemangat ingin tahu jenis kelamin bayinya.

Namun, sebuah hasil penelitian terbaru menyebutkan, bahwa ada kemungkinan hubungan yang signifikan antara jenis kelamin bayi dan kesehatan ibu hamil.

Studi yang dilakukan Universitas Ohi State, Amerika Serikat, yang dipublikasikan dalam jurnal Brain, Behaviour And Immunity, ini melakukan penelitian terhadap 80 perempuan hamil.

Kesehatan mereka dianalisis, berdasarkan jenis kelamin janin. Ditemukan bahwa banyak ibu yang mengandung bayi perempuan, menghasilkan lebih banyak jumlah sel inflamasi dalam darah mereka.

Sel inflamasi yang diproduksi terlalu banyak di dalam tubuh, dapat menyebabkan imunitas menurun, dan berisiko terhadap penyakit menular pada ibu.

Sementara, ibu hamil yang mengandung bayi laki-laki, tidak menghasilkan sel inflamasi terlalu banyak.

Sel inflamasi juga diketahui sebagai penyebab gangguan kesehatan asma yang sering dialami banyak perempuan hamil yang mengandung bayi perempuan.

Kesimpulannya, perempuan hamil yang memgandung bayi perempuan bisa menjadi lebih rentan terhadap penyakit, dibanding mereka yang mengandung bayi laki-laki.(suara.com)

 

About focus

Lihat Juga

Pentingnya Ruang Keluarga untuk Hubungan Orangtua dan Anak

Ruang keluarga merupakan bagian terpenting yang berdampak langsung terhadap suasana hati, dan kedekatan hubungan keluarga. …

Apa Bedanya Antara Hepatitis B dan C?

Penyakit hepatitis tentu tak asing lagi di telinga. Namun, penyakit hati ini terdiri dari berbagai …

Kandungan dalam Kopi Ini Bikin Anda Berumur Panjang

Tahukah Anda, ada satu keuntungan tak terduga dari secangkir kopi yang diminum di pagi hari. …

Waspada! Anak Sulit Sarapan Risiko Kekurangan Gizi Menghantui

Sarapan adalah makanan yang paling penting untuk memulai aktivitas sehari-hari. Ini penting karena seseorang harus …

Apa Manfaat Anak Ikut Lomba “17 Agustusan”? Ini Kata Psikolog

Selain upacara bendera, kegiatan yang identik dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia adalah perlombaan. Mulai …

Risiko Penularan Hepatitis B ke Anak Masih Tinggi

Indonesia masih diintai virus hepatitis. Meski angka kejadian hepatitis di Indonesia dilaporkan menurun, masyarakat diimbau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *