Minggu , 26 September 2021
Home / Nasional / Guru Sukwan Asal Sumenep Ngaku Pejabat Polda Jatim Diringkus

Guru Sukwan Asal Sumenep Ngaku Pejabat Polda Jatim Diringkus

veros-afif-pelaku-penipuan-kedop-pejabat-polri-1

Pelaku Perdayai Korbannya Melalui Akun Facebook AKBP Edwii Kurniady

Sumenep-Ali Qodri 29 tahun, pemuda asal pulau Gili Genting Sumenep Jawa timur ini akhirnya mendekam di balik jeruji besi, setelah aksi penipuan nya dengan cara mencatut nama salah satu pejabat Polda Jatim, AKBP Edwii Kurniady, yang menjabat sebagai Kasubdit III Dhyaksa Dirlantas Polda Jatim lewat media sosial Facebook.

Tindakan pencatutan nama yang dilakukan oleh pelaku ini dimanfaatkan oleh pelaku untuk meyakinkan para korban nya yang berteman di akun Facebook buatan pelaku, dengan mengatasnamakan AKB Edwi Kurdiady, sehingga dari tindak kriminal yang dilakukan oleh pelaku ini, pelaku berhasil mendapatkan sejumlah uang yang berkisar jutaan rupiah.

Menurut pengakuan pelaku, Ali Qodri, bahwa dirinya telah melancarkan aksinya tersebut selama empat bulan terakhir ini, dan berdasarkan pengakuan nya, Ali Qodri berhasil meyakinkan dua korban nya, yakni atas nama akun facebook Niken, yang diketahui berdomisili di Jakarta, dan Imam Suhadi, yang merupaka anggota Polri di Mapolda Jawa timur.

“ baru empat bulan ini saya melakukan nya, dan saya berhasil mendapatkan dua korban yang saya perdayai melalui chating di facebook “, ungkap Ali Qodri.

Sementara itu AKBP Joseph Ananta Pinora, Kapolres Sumenep, menjelaskan bahwa pelaku Ali Qodri, yang berprofesi sebagai guru Sukwan ini, melancarkan aksi penipuannya dengan modus mencatut nama salah satu pejabat di Kepoisian Daerah Jawa Timur untuk meyakinkan para korban nya, melalui media sosial facebook.

Berdasarkan pengakuan pelaku kepada petugas kepolisian, bahwa pelaku ini mengincar akun facebook dengan pemilik akun yang berbau POLRI, sehingga pelaku pun mengirimkan permintaan pertemanan ke calon-calon korban nya, dan setelah permintaan pertemanan diterima oleh para calon korban nya, pelaku pun gencar berkomunikasi dengan korban incaran nya tersebut dengan waktu yang cukup lama, lalu pelaku memanfaatkan kedekatan secara komunikasi tersebut, dengan meminjam sejumlah uang untuk keperluan pelaku, yang dimulai dengan nilai kecil, hingga akhirnya pelaku meminta sejumlah uang dengan nilai yang cukup besar, dengan rayuan untuk meminjam dan akan dikembalikan.

“ pelaku awalnya menggunakan modus untuk meminjam sejumlah uang kepada korban nya dengan nilai yang kecil, namun semakin kebelakang, pelaku pun meminta sejumlah uang tersebut dengan nilai yang cukup besar “, terang AKBP Joseph Ananta Pinora.

Selain mengamankan pelaku Ali Qodri, petugas kepolisian yang melakukan penangkapan di rumah pelaku, yakni di desa eng anyar, pulau Gili Genting Sumene Madura ini, ptugas juga berhasil menyita sejumlah barang bukti, yang digunakan pelaku saat melangsungkan aksi nya, seperti satu buah tas ransel, masker penutup wajah, slip bukti penarikan uang dari mesin ATM, dan dua unit ponsel yang digunakan pelaku untuk menghubungi para korban nya.

Untuk selanjutnya, pelaku Ali Qodri ini akan dilimpahkan ke Mapolda Jawa Timur, karena di Polda Jawa Timur, beberapa saksi yang mengetahui aksi pelaku, dan beberapa korban juga telah melaporkan aksi pelaku.

“ saya menghimbau bagi seluruh masyarakat pengguna media sosial facebook yang juga menjadi korban pelaku ini, agar segera melapor ke Polres Sumenep, maupun ke Kepolisian Daerah Jawa Timur “, ungkap Joseph.(arif/Ros/red)

 

About focus

Lihat Juga

PANDEMI COVID-19, PT GARAM BERIKAN BANTUAN DANA KEMASLAHATAN UMAT

Senin (18/5), ditengah pandemi Covid-19 PT Garam (Persero) terus melakukan aksi sosial kepada masyarakat sekitar. …

Berbagi, PT Garam Gelontorkan 5000 Paket Sembako Dibeberapa Daerah

Sumenep-,  Di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, PT Garam (Persero) melalui Badan Amil Zakat …

Kapolda Jatim OTT Bisnis Solar Illegal, 4 Nama Perusahaan Negara di Sumenep Ditengarai Terlibat

Sumenep -, Paska Operasi Tangkap Tangan Penyelewengan BBM jenis Solar Subsidi yang di lakukan di …

SENAPATI NUSANTARA Desak Pemerintah Segera Tetapkan Hari Keris Nasional, Ini Kata Tokoh Keris di Negeri Para Empu

Jakarta-, Paguyuban Senapati Nusantara bersama Kemendikbud berharap dan mendukung Pemerintah dalam waktu dekat untuk menetapkan …

LHKPN Kepala Daerah Jatim Diperiksa KPK, LSM Gasak : Jangan Sampai ada Atasnama dan Persoalan Lama Wajib Diproses

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dijadwalkan dalam sepekan ini akan melakukan pemeriksaan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara …

KPK Tangkap Tangan 6 Hakim dan Panitera PN Jaksel

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap penegak hukum. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *