Senin , 8 Maret 2021
Home / Budaya / Geliat Sumenep Kota Keris Dunia Sambut Tahun Kunjungan Wisata

Geliat Sumenep Kota Keris Dunia Sambut Tahun Kunjungan Wisata

Sumenep- Menjelang tahun kunjungan wisata, yakni visit Sumenep 2018, dunia pusaka dan tosan aji di Sumenep semakin menggeliat, dan siap menyambut. Hal tersebut diwujudkan dengan pagelaran pemeran keris internasional dan peresmian museum keris Sumenep, yakni yang akan digelar oleh paguyuban pusaka dan tosan aji Senapati Nusantara, yang didukung oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Pemuda Olahraga Sumenep, Jawa Timur pada tahun 2018 mendatang.

Sebelumnya, pada tahun 2017 ini telah digelar pameran keris nasional yang dibuka secara resmi oleh Sekretaris Jenderal Senapati Nusantara,  Ir. Hasto Kristiyanto di Sumenep, yakni yang digelar oleh perkumpulan pusaka Karaton, serta didukung oleh Megaremmeng Palongan, Gapensaka, Kopensaka dan Pakem yang tergabung dalam paguyuban pusaka dan tosan aji Senapati Nusantara, yang mendapat respon positif dari penggiat pusaka dan tosan aji se-Indonesia.

Menurut ketua perkumpulan pusaka Karaton Sumenep, Sugiharto, bahwa dirinya sangat mengapresiasi langkah pemerintah daerah Sumenep untuk membuat museum pusaka, dimana dalam hal ini Sumenep merupakan kota keris yang diakui oleh dunia Internasional, sehingga pada tahun mendatang, dengan digelarnya pameran keris Internasional serta peresmian museum keris Sumenep, dirinya beserta beberapa element yang tergabung di paguyuban tosan aji Senapati Nusantara siap mensukseskan acara tersebut.

” terima kasih atas apresiasi dan perhatian lebih dari Pemkab Sumenep, terhadap dunia tosan aji di Indonesia, karena sebagai kota keris dunia, Sumenep wajib berada didepan untuk tetap selalu konsisten mengawal dan terus melestarikan warisan budaya nenek moyang kita, yaitu benda pusaka dan tosan aji “, ungkap Sugiharto.

Sementara itu menurut Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, bahwa pihaknya sangat berterimakasih terhadap Paguyuban pusaka dan tosan aji Senapati Nusantara, yang ikut membantu menghidupkan kembali dalam melestarikan warisan budaya Indonesia yang di akui oleh dunia internasional, yakni Keris. Karena menurutnya selama ini budaya keris semakin terkikis, terlebih Sumenep dengan 700 Empu keris yang juga sebagai kota keris dunia harus lebih eksis untuk merawat dan tetap melestarikan budaya keris, karena budaya keris merupakan jati diri bangsa Indonesia sejak dulu.

” saya sangat berterimaksih kepada seluruh element di Senapati Nusantara, karena telah sudi memoles Sumenep sebagai kota keris dunia untuk lebih dikenal oleh masyarakat luas “, ujar Achmad Fauzi.

Achmad Fauzi juga menambahkan bahwa pihaknya telah mencantumkan waktu untuk digelarnya pameran keris Internasional dan peresmian keris Sumenep, di kalender wisata visit Sumenep 2018, karena keris merupakan budaya kita, yang memiliki daya tarik di kalangan internasional, sehingga secara otomatis Sumenep tidak hanya dikenal dari sisi potensi wisata alam nya saja, melainkan dari sisi budaya nya juga tak kalah menariknya.

” silahkan berkunjung ke Sumenep, karena tidak hanya wisata alam nya saja yang menarik, tapi Sumenep kota keris dunia, juga akan menyuguhkan destinasi wisata budaya, yaitu kampung keris “, pungkas orang nomer dua di Kabupaten Sumenep ini. (ROS/red)

 

About focus

Lihat Juga

Inilah Cikal Bakal Sejarah Sumenep Kota Keris

Sumenep-, Berbicara tentang keris di Kabupaten Sumenep, sejak jaman pemerintahan Arya Wiraraja yang diutus menjadi …

Bupati Sumenep Resmi Membuka Pameran Keris Bertajuk Sumenep Berkeris 2019

Sumenep-, Dalam rangka melestarikan budaya leluhur, Pemerintah Kabupaten Sumenep, bersama serikat pelestari tosan aji Nusantara …

Kadisparbudpora Sumenep Hadiri Seminar Pemajuan Budaya Keris Indonesia Pasca Diakui UNESCO

Budaya -, Usai ditetapkan sebagai Intangible Cultural Heritage (ICH) UNESCO (United Nations Educational, Scientific and …

SENAPATI NUSANTARA Desak Pemerintah Segera Tetapkan Hari Keris Nasional, Ini Kata Tokoh Keris di Negeri Para Empu

Jakarta-, Paguyuban Senapati Nusantara bersama Kemendikbud berharap dan mendukung Pemerintah dalam waktu dekat untuk menetapkan …

LHKPN Kepala Daerah Jatim Diperiksa KPK, LSM Gasak : Jangan Sampai ada Atasnama dan Persoalan Lama Wajib Diproses

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dijadwalkan dalam sepekan ini akan melakukan pemeriksaan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara …

Sumenep Batik Festival 2018 Wujud Nyata Pelestarian Budaya Nusantara

Sumenep – Batik adalah budaya warisan leluhur yang sampai sekarang memiliki ruang eksistensi yang luas. Batik …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *