Jumat , 5 Maret 2021
Home / Kesehatan / Empat Manfaat Hormon Cinta yang Harus Anda Tahu

Empat Manfaat Hormon Cinta yang Harus Anda Tahu

Oksitosin atau hormon cinta, membawa banyak manfaat bagi kesehatan. Hormon ini akan diproduksi secara otomatis, ketika seseorang merasakan bahagia atau sedang dimabuk asmara.

Berikut adalah manfaat yang Anda rasakan ketika hormon oksitosin diproduksi, seperti dilansir laman Medical Daily.

1. Meningkatkan emosi positif

Pada September 2016, sebuah studi yang dilakukan Duke University menemukan bahwa semua responden lelaki yang memiliki kadar oksitosin tinggi dalam tubuh mereka mengalami emosi yang lebih positif selama meditasi. Mereka juga melaporkan ketenangan batin yang dialami selama memiliki kadar oksitosin yang tinggi dalam tubuh mereka.

2. Meningkatkan ikatan batin antara orang yang dicintai

Sebuah studi terkini yang dilakukan Emory University menunjukkan, bagaimana gambaran otak seseorang yang saling mencintai. Ternyata, kadar oksitosin keduanya dalam jumlah tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa oksitosin dapat mempererat ikatan batin antara dua orang yang saling mencintai.

3. Mencegah penyakit mental

Penelitian yang dilakukan pada 2015 lalu oleh Emory University menemukan bahwa oksitosin dapat mencegah penyakit mental atau kejiwaan yang diawali dari gejala stres. Bahkan, peneliti menyebut bahwa suntikan hormon oksitosin pada orang dengan gangguan kejiwaan bisa menyembuhkan kondisi mereka.

4. Meningkatkan perasaan empati

Tahun lalu, sebuah studi mengungkap, penyebab mengapa banyak orang yang kurang empati dengan kondisi di sekitar mereka. Jawabannya adalah kurangnya hormon oksitosin dalam tubuh mereka. Ya, menurut peneliti, hormon cinta atau hormon oksitosin ini memang dapat meningkatkan perasaan empati dan kasih sayang pada sesama.(suara.com)

 

About focus

Lihat Juga

Pentingnya Ruang Keluarga untuk Hubungan Orangtua dan Anak

Ruang keluarga merupakan bagian terpenting yang berdampak langsung terhadap suasana hati, dan kedekatan hubungan keluarga. …

Apa Bedanya Antara Hepatitis B dan C?

Penyakit hepatitis tentu tak asing lagi di telinga. Namun, penyakit hati ini terdiri dari berbagai …

Kandungan dalam Kopi Ini Bikin Anda Berumur Panjang

Tahukah Anda, ada satu keuntungan tak terduga dari secangkir kopi yang diminum di pagi hari. …

Waspada! Anak Sulit Sarapan Risiko Kekurangan Gizi Menghantui

Sarapan adalah makanan yang paling penting untuk memulai aktivitas sehari-hari. Ini penting karena seseorang harus …

Apa Manfaat Anak Ikut Lomba “17 Agustusan”? Ini Kata Psikolog

Selain upacara bendera, kegiatan yang identik dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia adalah perlombaan. Mulai …

Risiko Penularan Hepatitis B ke Anak Masih Tinggi

Indonesia masih diintai virus hepatitis. Meski angka kejadian hepatitis di Indonesia dilaporkan menurun, masyarakat diimbau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *