Kamis , 25 Februari 2021
Home / Kepulauan / DPMD Sumenep Imbau Semua Pihak Turut Jaga Pilkades Kepulauan

DPMD Sumenep Imbau Semua Pihak Turut Jaga Pilkades Kepulauan

Sumenep -, Sebanyak 52 desa di wilayah kepulauan Kabupaten Sumenep akan melangsungkan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak pada 14 November 2019 mendatang.

Pesta demokrasi desa itu merupakan gelombang kedua setelah sebelumnya 7 November 2019 Pilkades serentak dilangsungkan untuk wilayah daratan dengan meliputi 173 desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep, Muhammad Ramli mengatakan, secara umum Pilkades serentak kepulauan sudah tinggal pelaksanaan. Sebab semua sarana prasarana telah disiapkan.

“Pilkades kepulauan tinggal pelaksanaannya saja. Semua tahapan sudah dilakukan termasuk semua kebutuhan pelaksanaannya nanti,” tutur Muhammad Ramli, Minggu (10/11/2019).

DPMD juga terus berkoordinasi dengan aparat keamanan guna menjaga kondusifitas wilayah saat maupun pasca Pilkades. Namun mengenai kebutuhan pasukan hal itu dilimpahkam sepenuhnya kepada pihak kepolisian maupun TNI yang lebih paham tentang kondisi dilapangan.

“Kita tetap berkoordinasi dengan pihak pengamanan karena kita tentu menginginkan Pilkades yang aman, lancar dan damai. Bagaimana strategi pengamanannya kita serahkan kepada pihak terkait karena yang lebih paham,” jelasnya.

Agar Pilkades serentak wilayah kepulauan berjalan sesuai harapan, pihaknya meminta semua lapisan masyarakat ikut menjaga. Tokoh agama serta tokoh masyarakat disetiap desa termasuk kandidat juga terlibat menciptakan kesejukan, karena menciptakan Pilkades damai tanggung jawab bersama.

“Semua pihak tentu mempunyai tanggung jawab masing-masing, terutama masyarakat agar bisa ikut menjaga pelaksanaan Pilkades di kepulauan nanti. Karena ini di kepulauan geografisnya beda dengan daratan,” tegas Muhammad Ramli.

Jika nanti memang ada pihak yang tidak puas dengan hasil akhir pihaknya mengimbau dapat melalui jalur yang telah disediakan yaitu proses hukum. Tidak dengan cara diluar ketentuan sebab dapat berdampak bagi masyarakat itu sendiri.(Eko)

 

About Focus Madura

Lihat Juga

Poros Jalan Desa Buddi Arjasa Berlumpur Bertahun-tahun

Sumenep-, Desa Buddi merupakan salah satu desa yang masuk dalam kecamatan Arjasa, yang terisolir ketika …

KADES SAWAH SUMUR TERINDIKASI TERLIBAT MONEY POLITIK PILKADA SUMENEP 2020

Sumenep-, Pemilihan kepala daerah Kabupaten Sumenep akan digelar sebentar lagi, tepatnya pada 9 Desember 2020 …

Lambannya Proses Hukum Dugaan Ijazah Palsu Desa Kangayan

Sumenep-, Dugaan pemalsuan Ijazah yaitu dengan cara memanipulasi data pribadi kepala desa Kangayan, guna melengkapi …

KETIMPANGAN SOSIAL DITENGAH PANDEMI?

Sumenep-, Baru saja rombongan Pemkab Sumenep melakukan perjalanan Safari Kepulauan pada beberapa waktu yang lalu. …

DIRIKAN POSKO PEMENANGAN, PROJIE BLUTO MANTAPKAN DUKUNGAN KEPADA FAUZI-EVA

Sumenep-, Relawan PROJIE (probanguji-eva) secara sukarela mendirikan posko pemenangan diwilayah Kecamatan Bluto Sumenep,Madura. Gerakan pemuda …

Pria di Sumenep Ditemukan Tewas Dalam Sumur Tua Tak Berair

Sumenep- Seorang pria paruh baya di Desa Masran, Kecamatan Bluto, Sumenep-Jawa Timur ditemukan tewas di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *