Rabu , 16 Juni 2021
Home / Nasional / Dikenal Surga Ikan, Perairan Sumenep Jadi Primadona Nelayan Dari Luar Madura

Dikenal Surga Ikan, Perairan Sumenep Jadi Primadona Nelayan Dari Luar Madura

focusmadura.com-nelayan Sumenep

Diharapkan para nelayan tersebut tidak gunakan alat tangkap ikan ilegal

Sumenep-  Berbagai kekayaan alam yang terkandung di Sumenep Madura seakan tak pernah habis, salah satunya adalah kekayaan bahari nya, dimana berdasarkan pantauan dinas kelautan Kabupaten Sumenep selama beberapa bulan terakhir ini, sebanyak ratusan kapal nelayan yang berdatangan dari luar pulau Madura memadati perairan Sumenep untuk menangkap ikan.

Hal tersebut dikemukakan oleh Moh Jakfar, Kepala dinas kelautan dan perikanan Sumenep, menjelaskan bahwa ketertarikan para nelayan dari luar madura untuk menangkap ikan di perairan sumenep sangat luar biasa, berdasarkan laporan yang diterima, para nelayan tersebut merupakan nelayan asal Jawa tengah.

Menurut Jakfar hal tersebut di latar belakangi oleh kondisi beberapa wilayah kepulauan yang ada di Kabupaten Sumenep, seperti pulau Masalembu, Kangean dan Sapeken, yang kondisi bawah lautnya/underwater nya masih natural, dan juga banyaknya pulau-pulau kecil di Sumenep juga menjadi salah satu pemicu banyaknya ikan untuk berkembangbiak dengan cepat.

“ perairan di Sumenep masih natural sehingga hal tersebut menjadi pemicu para nelayan dari luar Madura untuk datang menangkap ikan di Sumenep,” terang Jakfar.

Jakfar menambahkan bahwa para nelayan yang datang dari luar pulau Madura ini dilengkapi dengan peralatan kapal yang modern, sehingga untuk mendapatkan ikan lebih mudah dengan hasil tangkapan yang maksimal. Pihaknya mengaku tidak dapat berbuat apa-apa dengan kondisi tersebut, karena Perda Kabupaten Sumenep sendiri sudah tidak dapat mengatur pengawasannya, karena untuk pengawasan dari 0-12 mil adalah wilayah kewenangan Pemprov, dan diatas 12 mil adalah wilayah kewenangan pemerintah pusat.

Menanggapi kondisi tersebut, Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi menjelaskan bahwa untuk menangkap ikan di perairan Sumenep, agar tidak menggunakan alat-alat tangkap ikan yang menyalahi aturan, sehingga tidak merugikan warga Sumenep. Karena menurutnya warga sumenep lah yang menerima dampak langsung dari aksi penangkapan ikan dengan menggunakan alat tangkap ilegal, seperti berkurangnya tangkapan ikan nelayan lokal yang dikarenakan rusaknya bawah laut di perairan Sumenep.

“ awas jangan sampai merusak bawah laut di perairan Sumenep, terlebih mari kita jaga dan lestarikan bersama “, tegasnya.(arif/Ros/red)

 

About focus

Lihat Juga

PANDEMI COVID-19, PT GARAM BERIKAN BANTUAN DANA KEMASLAHATAN UMAT

Senin (18/5), ditengah pandemi Covid-19 PT Garam (Persero) terus melakukan aksi sosial kepada masyarakat sekitar. …

Berbagi, PT Garam Gelontorkan 5000 Paket Sembako Dibeberapa Daerah

Sumenep-,  Di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, PT Garam (Persero) melalui Badan Amil Zakat …

Kapolda Jatim OTT Bisnis Solar Illegal, 4 Nama Perusahaan Negara di Sumenep Ditengarai Terlibat

Sumenep -, Paska Operasi Tangkap Tangan Penyelewengan BBM jenis Solar Subsidi yang di lakukan di …

SENAPATI NUSANTARA Desak Pemerintah Segera Tetapkan Hari Keris Nasional, Ini Kata Tokoh Keris di Negeri Para Empu

Jakarta-, Paguyuban Senapati Nusantara bersama Kemendikbud berharap dan mendukung Pemerintah dalam waktu dekat untuk menetapkan …

LHKPN Kepala Daerah Jatim Diperiksa KPK, LSM Gasak : Jangan Sampai ada Atasnama dan Persoalan Lama Wajib Diproses

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dijadwalkan dalam sepekan ini akan melakukan pemeriksaan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara …

KPK Tangkap Tangan 6 Hakim dan Panitera PN Jaksel

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap penegak hukum. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *