Sabtu , 6 Maret 2021
Home / Kesehatan / Diam Ternyata Bermanfaat bagi Kesehatan, Apa Saja?

Diam Ternyata Bermanfaat bagi Kesehatan, Apa Saja?

Orang yang pendiam sering dianggap sebelah mata bahkan di dunia pergaulan cenderung memiliki teman yang sedikit. Namun tahukah Anda bahwa sifat pendiam ternyata tak selamanya negatif.

Saat meditasi misalnya, diam selama beberapa menit sembari mengatur sistem pernapasan dapat membawa ketenangan batin yang pada gilirannya mempertajam fokus Anda. Jadi, bila Anda termasuk orang yang pendiam jangan berkecil hati, karena sifat ini tetap bermanfaat bagi kesehatan.

Berikut beberapa alasan mengapa diam itu menyehatkan, seperti dilansir Boldsky.

1. Mengasah konsentrasi
Diam selama beberapa saat dapat membantu mengasah konsentrasi Anda. Cobalah untuk diam selama 3 menit setiap jam sembari menghapus pikiran yang mengganggu. Hal ini akan membantu Anda untuk fokus dan produktif dalam bekerja.

2. Merangsang pertumbuhan sel otak baru
Sebuah studi terkini menemukan bahwa diam dapat merangsang pertumbuhan sel-sel otak yang bertanggung jawab untuk menyimpan memori. Jadi selama Anda diam, kemampuan mengingat terus diasah.

3. Mengatasi stres
Jika Anda merasa stres, cobalah untuk menyendiri dan diam selama beberapa menit. Atur napas Anda selama diam. Menurut para ahli, hal ini bisa mengurangi tingkat stres Anda. Dalam keheningan, hormon kebahagiaan diproduksi untuk mengusir hormon stres.

4. Insomnia
Insomnia atau kesulitan tidur menjadi masalah bagi masyarakat urban. Stres karena beban hidup menjadi salah satu alasannya. Cobalah atasi hal ini dengan meditasi. Proses diam selama meditasi membantu Anda mendapat tidur lebih nyenyak.

5. Menetralisir pikiran dari racun
Terlalu banyak bicara apalagi dalam konteks negatif seringkali meracuni pikiran kita. Untuk itu, diam merupakan salah satu solusi membebaskan pikiran dari racun. Pikiran yang positif akan membantu Anda mendapatkan kebahagiaan dalam hidup.(suara.com)

 

About focus

Lihat Juga

Pentingnya Ruang Keluarga untuk Hubungan Orangtua dan Anak

Ruang keluarga merupakan bagian terpenting yang berdampak langsung terhadap suasana hati, dan kedekatan hubungan keluarga. …

Apa Bedanya Antara Hepatitis B dan C?

Penyakit hepatitis tentu tak asing lagi di telinga. Namun, penyakit hati ini terdiri dari berbagai …

Kandungan dalam Kopi Ini Bikin Anda Berumur Panjang

Tahukah Anda, ada satu keuntungan tak terduga dari secangkir kopi yang diminum di pagi hari. …

Waspada! Anak Sulit Sarapan Risiko Kekurangan Gizi Menghantui

Sarapan adalah makanan yang paling penting untuk memulai aktivitas sehari-hari. Ini penting karena seseorang harus …

Apa Manfaat Anak Ikut Lomba “17 Agustusan”? Ini Kata Psikolog

Selain upacara bendera, kegiatan yang identik dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia adalah perlombaan. Mulai …

Risiko Penularan Hepatitis B ke Anak Masih Tinggi

Indonesia masih diintai virus hepatitis. Meski angka kejadian hepatitis di Indonesia dilaporkan menurun, masyarakat diimbau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *