Kamis , 4 Maret 2021
Home / Kesehatan / Cara Sederhana Ini Ampuh Cegah Mewabahnya DBD

Cara Sederhana Ini Ampuh Cegah Mewabahnya DBD

Musim hujan seperti sekarang, memungkinkan nyamuk Aedes Aegypti berkembang biak dengan mudah. Sebab saat musim hujan, akan ada banyak genangan air yang akan menjadi tempat subur kembang biak nyamuk.

Seperti yang diketahui sebagian besar masyarakat Indonesia masih sering memanfaatkan ember untuk berbagai aktivitas pekerjaan rumah. Beberapa di antaranya, mencuci baju, hingga menampung air.

Terkadang, penggunaan ember ini seringkali disepelekan. Setelah selesai digunakan, air dalam ember seringkali dibiarkan. Padahal, hal ini bisa membahayakan, karena ember berisi air, bisa jadi tempat sarang nyamuk penyebab demam berdarah. Bila ini dibiarkan terus menerus bukan tidak mungkin hal ini dapat menyebabkan mewabahnya demam berdarah.

Namun, ada cara sederhana yang seharusnya disadari masyarakat untuk mencegah mewabahnya demam berdarah. Salah satu caranya, membalikkan posisi ember setelah digunakan. Cara ini, dipastikan, dapat menutup ruang dimana nyamuk Aedes Aegypti berkembang biak.

“Kesadaran untuk mencegah berkembangnya penyakit demam berdarah sebenarnya sangat mudah yakni Anda dapat membalikan posisi ember Anda setelah digunakan.  Ini cara sederhana memberantas sarang nyamuk,” ujar Tika Bisono, Psikolog dan Duta Deman Berdarah Nasional saat ditemui pada acara  Kampanye Balikkan Ember dari Baygon di kawasan Jakarta Pusat, Jumat, 2 Maret 2017.

Dia menuturkan bahwa cara tersebut dapat membuat anggota keluarga Anda menjadi sehat dan terlindungi dari nyamuk penyebab demam berdarah. Tidak hanya keluarga, hal ini juga bisa dijadikan langkah sederhana yang membuat perbedaan signifikan untuk masyarakat luas.

“Partisipasi sederhana seperti ini dapat membangun kesehatan keluarga Anda. Selain itu dapat mendorong masyarakat agar melakukan hal serupa,” ujarnya.(viva.co.id)

 

About focus

Lihat Juga

Pentingnya Ruang Keluarga untuk Hubungan Orangtua dan Anak

Ruang keluarga merupakan bagian terpenting yang berdampak langsung terhadap suasana hati, dan kedekatan hubungan keluarga. …

Apa Bedanya Antara Hepatitis B dan C?

Penyakit hepatitis tentu tak asing lagi di telinga. Namun, penyakit hati ini terdiri dari berbagai …

Kandungan dalam Kopi Ini Bikin Anda Berumur Panjang

Tahukah Anda, ada satu keuntungan tak terduga dari secangkir kopi yang diminum di pagi hari. …

Waspada! Anak Sulit Sarapan Risiko Kekurangan Gizi Menghantui

Sarapan adalah makanan yang paling penting untuk memulai aktivitas sehari-hari. Ini penting karena seseorang harus …

Apa Manfaat Anak Ikut Lomba “17 Agustusan”? Ini Kata Psikolog

Selain upacara bendera, kegiatan yang identik dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia adalah perlombaan. Mulai …

Risiko Penularan Hepatitis B ke Anak Masih Tinggi

Indonesia masih diintai virus hepatitis. Meski angka kejadian hepatitis di Indonesia dilaporkan menurun, masyarakat diimbau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *