Jumat , 26 Februari 2021
Home / Lifestyle / Cara Alami Hilangkan Kantuk saat Nyetir Mobil

Cara Alami Hilangkan Kantuk saat Nyetir Mobil

Mengantuk bisa dialami setiap orang dan normal. Namun hal ini bisa berbahaya jika dialami orang yang sedang duduk di balik setir.

“Saya suka bingung sama orang Indonesia yang bangga bisa menyetir lama tanpa istirahat. Banyak orang kita yang dengan enteng bilang habis menyetir selama 16 jam bahkan 20 jam tanpa berhenti. Itu maksudnya apa. Mau sombong atau bagaimana. Ingat, walaupun sudah menyetir 20 jam juga belum tentu dapat piala dan jadi juara dunia,” terang Direktur Rifat Drive Labs (RDL), Rifat Sungkar.

Ia menambahkan, banyak pengemudi yang suka membohongi dirinya sendiri dengan memaksakan tubuh yang lelah dan mata yang mengantuk untuk tetap fokus berkendara.

Pembalap profesional itu membeberkan beberapa hal yang bisa dilakukan pengemudi untuk mengurangi rasa kantuk, minimal sampai ia menemukan tempat aman untuk istirahat.

1. Selalu sedia air mineral dalam mobil

Selain untuk mengatasi rasa dahaga, air ini bisa digunakan untuk membasuh muka guna mengurangi rasa kantuk dan lelah. Jadi pengemudi tak perlu repot mencari toilet hanya untuk cuci muka.

2. Buka kaca jendela sedikit

Jika mulai terasa mengantuk, maka matikan pendingin udara dalam mobil dan bukalah kaca mobil. Hirup udara dari luar. Mengantuk bisa terjadi karena sirkulasi udara dalam mobil tidak baik. Selain itu, kondisi dalam kabin yang dingin pun bisa membuat tubuh terlalu nyaman saat berkendara.

3. Perhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi

Hindari makanan berlemak jenuh sebelum mengemudi karena bisa membuat mengantuk. Pengemudi bisa menggantinya dengan mengonsumsi snack, buah, atau biskuit. Untuk minuman, hindari yang mengandung alkohol, kafein, atau stimulan lain karena dapat mengganggu konsentrasi dan reaksi mengemudi. Gantilah dengan air mineral.

4. Maksimal mengemudi 2,5 jam

Perlu diingat, batas maksimal tubuh dalam mengemudi hanya 2,5 jam. Jika melakukan perjalanan selama enam jam misalnya maka bisa dilakukan dua kali istirahat. Selain istirahat, saat berhenti, pengemudi juga bisa melakukan beberapa gerakan ringan untuk menyegarkan kembali anggota tubuh.(news.okezone.com)

 

About focus

Lihat Juga

Yang Harus Dilakukan Saat Menghadapi Tsunami

Tsunami berasal dari bahasa Jepang, tsu yang artinya pelabuhan, dan nami yang artinya gelombang. Tsunami dikenal sebagai gelombang pelabuhan …

5 Pemikiran Gila Bob Sadino yang Bisa Memotivasi Anda Untuk Sukses

Lifestyle- Pemikiran gila Bob Sadino kerap mempengaruhi banyak orang dalam dunia wirausaha. Bagaimana tidak, pemikirannya …

Perempuan Keris : Saya Masih Akan Menjadi ‘Perempuan’ Di Garis Tepi Melawan Batas Wajar

Setiap tahun, tepatnya tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini. Ya, Raden Ajeng Kartini adalah …

Inilah Potret Blusukan Ala Nia Kurnia Fauzi

Sumenep-, Siang itu dengan cuaca yang panas menyengat, Nia Kurnia Fauzi, Istri orang nomor dua …

Festival Batik Abaikan Keindahan Taman Adipura Sumenep

Sumenep – Pagelaran Festival Batik On The Street menyisakan pemandangan yang tidak enak, hal tersebut dibuktikan …

Dunia Pariwisata Sumenep Menjadi Primadona Bagi Wisatawan Asing

Sumenep – Kunjungan ratusan wisatawan asing ke Kabupaten Sumenep mulai menggeliat, terbukti pada trip ke dua …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *