Senin , 8 Maret 2021
Home / Kesehatan / Bunda, Ketahui Pentingnya Bermain untuk Anak

Bunda, Ketahui Pentingnya Bermain untuk Anak

Anak-anak memang tidak bisa lepas dari kegiatan bermain. Tapi, terlalu banyak bermain juga menimbulkan kekhawatiran orangtua karena waktu belajar akan tersita.

Meski demikian, menurut psikolog anak Anita Chandra, M.Psi, batasan waktu bermain anak tidak bisa ditentukan secara pasti. Karena, pada anak-anak usia pra sekolah, bermain justru bisa menjadi media bagi mereka untuk belajar.

Namun, orangtua juga harus dapat membantu si kecil memilih permainan yang tepat. Kalau mereka bermain secara terarah dan berguna, akan banyak hal yang dipelajari anak dari kegiatan bermain.

“Misalnya, dahulu orang suka main skipping tali, galasin, kasti, mainan seperti itu mainan yang membuat anak jadi belajar sosialisasi, menang dan kalah, regulasi emosi,” ujar Anita kepada VIVA.co.id beberapa waktu lalu.

Berbeda dengan bermain menggunakan gadget, yang berdampak negatif pada fisik dan emosi, pada permainan yang bersifat sosial, anak akan bisa belajar meregulasi emosinya. Misalnya ketika menang atau kalah bagaimana harus bersikap. Kalau curang mereka bisa ada hukuman sosial dari teman sepermainannya. Ini akan menjadi pembelajaran positif bagi anak.

“Regulasi emosi membentuk kemampuan dia mengolah emosi. Kalau kalah marah tidak cenderung meledak. Itu karena mereka tidak biasa dapat input sosial. Tidak tahu boleh dan tidak boleh, jadi cenderung egosentris, soliter, tidak butuh orang lain,” ujar Anita.

Meski begitu, tetap orangtua menetapkan kapan waktu pasti anak boleh bermain. Misalnya satu jam usai sekolah. Selain itu, sesuaikan juga dengan kegiatan anak lainnya.(viva.co.id)

 

About focus

Lihat Juga

Pentingnya Ruang Keluarga untuk Hubungan Orangtua dan Anak

Ruang keluarga merupakan bagian terpenting yang berdampak langsung terhadap suasana hati, dan kedekatan hubungan keluarga. …

Apa Bedanya Antara Hepatitis B dan C?

Penyakit hepatitis tentu tak asing lagi di telinga. Namun, penyakit hati ini terdiri dari berbagai …

Kandungan dalam Kopi Ini Bikin Anda Berumur Panjang

Tahukah Anda, ada satu keuntungan tak terduga dari secangkir kopi yang diminum di pagi hari. …

Waspada! Anak Sulit Sarapan Risiko Kekurangan Gizi Menghantui

Sarapan adalah makanan yang paling penting untuk memulai aktivitas sehari-hari. Ini penting karena seseorang harus …

Apa Manfaat Anak Ikut Lomba “17 Agustusan”? Ini Kata Psikolog

Selain upacara bendera, kegiatan yang identik dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia adalah perlombaan. Mulai …

Risiko Penularan Hepatitis B ke Anak Masih Tinggi

Indonesia masih diintai virus hepatitis. Meski angka kejadian hepatitis di Indonesia dilaporkan menurun, masyarakat diimbau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *