Sabtu , 17 November 2018
Home / Nasional / BMKG : Gempa Bumi Sumenep Tidak Berpotensi Tsunami

BMKG : Gempa Bumi Sumenep Tidak Berpotensi Tsunami

Sumenep- Gempa bumi yang mengguncang Sumenep malam ini cukup membuat panik warga Sumenep Madura, terpantau banyak warga yang lari berhamburan keluar rumah oada saat gempa bumi terjadi, namun pihak BMKG menyatakan bahwa hempa tersebut tidak berpotensi terjadinya tsunami.

Dilaporkan pada hari Rabu, 13 Juni 2018, pukul 20.06.40 WIB, wilayah di sekitar Sumenep, Jawa Timur diguncang gempabumi tektonik.

Kepala Balai Besar Denpasar, M Taufik Gunawan, menjelaskan bahwa hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=4.8, dengan episenter pada koordinat 6,88 LS dan 113,94 BT, tepatnya di darat pada jarak sekitar 6 km arah Timur Laut Sumenep – Jawa Timur dengan kedalaman 12 kilometer.

Menurutnya peta tingkat guncangan BMKG menunjukkan, dampak gempabumi ini menimbulkan guncangan di Sumenep II Skala Intensitas Gempabumi (SIG) BMKG atau III-IV MMI. Hal ini sesuai dengan informasi dari masyarakat yang merasakan gempabumi ini cukup kuat dan beberapa rumah mengalami kerusakan.

Gempabumi yang terjadi ini merupakan jenis gempabumi intraplate dengan hiposenter dangkal akibat aktivitas patahan lokal. Hasil pemodelan yang dilakukan BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

” kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya “, ungkap Kepala Balai Besar MLG Denpasar, M Taufik Gunawan.(ROS/red)

 

 

About focus

Lihat Juga

Diduga Lakukan Pemerasan, Oknum lsm LP-KPK Diamankan Polisi Sumenep

Sumenep – Sejumlah anggota Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) LP-KPK Komcab Sumenep Jawa Timur, diamankan Kepolisian Kabupaten …

Polemik Honor FKMA Ke V Di Sumenep, LO Surati Bupati

Polemik honorarium Liasion Officer (LO) FKMA V masih berlanjut, Hari ini, Senin, 5 November 2018, …

Nahas, Satu Mahasiswa Di Sumenep Tewas Tenggelam Di Air Terjun Rubaru

Sumenep-, Seorang Mahasiswa salah satu Perguruan Tinggi swasta di Sumenep, Madura – Jawa Timur, tewas …

Dinkes Sumenep Hiasi Peringatan HKN Dengan Lomba Mural

Sumenep – Peringati hari kesehatan Nasional, Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep Madura menggelar lomba mural,  yakni yang …

INILAH UPAH BURUH PT GARAM YANG MEMILUKAN

Sumenep-, Buruh Harian Lepas yang bekerja di Badan Usaha Milik Negara yakni PT. Garam dibayar …

Laka Lantas Di Sumenep, Pasangan Suami Istri Ini Tewas Di TKP

Sumenep-, Laka Lantas terjadi di Jalan Arya Wiraraja, Desa Pabian, Kecamatan Kota KM – 3, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *