Minggu , 7 Maret 2021
Home / Kesehatan / Betulkah Pemilik Tangan Kidal Lebih Pintar?

Betulkah Pemilik Tangan Kidal Lebih Pintar?

Jumlah pemilik tangan kidal memang tak banyak. Di Amerika Serikat misalnya, presentase pemilik tangan kidal hanya 10-13.5 persen. Tapi jumlahnya yang sedikit membuat mereka terlihat unik dibandingkan orang yang menggunakan tangan kanannya untuk berkegiatan seperti makan dan menulis.

Beberapa penelitian bahkan mengaitkan pemilik tangan kidal dengan kecenderungan lebih kreatif. Namun sebuah studi terkini di Melbourne menemukan fakta bahwa pemilik tangan kidal mungkin lebih pintar dibandingkan mereka yang tak kidal.

Temuan ini mengungkap bahwa pemilik tangan kidal lebih unggul dalam memecahkan masalah seperti pada pelajaran matematika. Ya, otak kanan mereka yang lebih aktif ternyata membuat fungsi penalaran menjadi lebih baik.

Sedangkan individu yang tangan kanannya lebih dominan, bukan berarti otak kirinya lebih aktif dan membuat logika mereka berfungsi dengan baik. Peneliti pun mengatakan bahwa mereka yang tangan kanannya lebih dominan tidak memiliki kelebihan yang menonjol.

“Pada dasarnya yang terbaik adalah ketika kedua sisi otak sama-sama unggul sehingga pemrosesan informasi menjadi lebih efektif,” ujar peneliti.

Karena masing-masing sisi otak memiliki kelebihannya masing-masing, peneliti pun mengimbau agar individu menggunakan kedua tangannya secara bergantian untuk berkegiatan sehingga melatih kedua otak untuk sama-sama unggul.

“Jadi latihlah tangan Anda untuk menulis dan makan dengan kedua tangan Anda agar kedua otak seimbang,” pungkas peneliti seperti dilansir laman Menshealth.(suara.com)

 

About focus

Lihat Juga

Pentingnya Ruang Keluarga untuk Hubungan Orangtua dan Anak

Ruang keluarga merupakan bagian terpenting yang berdampak langsung terhadap suasana hati, dan kedekatan hubungan keluarga. …

Apa Bedanya Antara Hepatitis B dan C?

Penyakit hepatitis tentu tak asing lagi di telinga. Namun, penyakit hati ini terdiri dari berbagai …

Kandungan dalam Kopi Ini Bikin Anda Berumur Panjang

Tahukah Anda, ada satu keuntungan tak terduga dari secangkir kopi yang diminum di pagi hari. …

Waspada! Anak Sulit Sarapan Risiko Kekurangan Gizi Menghantui

Sarapan adalah makanan yang paling penting untuk memulai aktivitas sehari-hari. Ini penting karena seseorang harus …

Apa Manfaat Anak Ikut Lomba “17 Agustusan”? Ini Kata Psikolog

Selain upacara bendera, kegiatan yang identik dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia adalah perlombaan. Mulai …

Risiko Penularan Hepatitis B ke Anak Masih Tinggi

Indonesia masih diintai virus hepatitis. Meski angka kejadian hepatitis di Indonesia dilaporkan menurun, masyarakat diimbau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *