Minggu , 9 Mei 2021
Home / Sumenep / BEKAS GALIAN BATU PUTIH TAWARKAN PEMANDANGAN ARSITEKTUR ALAMI

BEKAS GALIAN BATU PUTIH TAWARKAN PEMANDANGAN ARSITEKTUR ALAMI

doc focusmadura.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Trend masa kini dari beberapa kalangan masyarakat yang suka mengabadikan moment, atau sering kita sebut “ selfie “ ini merebak, namun mungkin anda harus mencoba ke lokasi wisata baru satu ini, yang berlokasikan di desa Juruan Daya Kecamatan Batu Putih sekitar 20 km dari pusat kota Sumenep ini, menawarkan pemandangan arsitektur alami, yaitu perbukitan yang di jadikan tambang batu bata putih, yang umum digunakan sebagai material bangunan rumah ini Madura ini, meninggalkan bekas pahatan yang indah nan elok.

Lokasi ini oleh warga desa Juruan Daya di sebut dengan bukit Panjilan, dimana dilokasi tersebut merupakan lokasi penghasil batu bata putih, yang mengandung kapur, dimana di Madura, batu bata putih ini kerap dijadikan bahan material dalam membangun rumah sejak dulu kala, yang tak kalah kokoh nya dengan batu bata pada umum nya.

Dimana warga desa Juruan Daya Sumenep selama ini berprofesi sebagai penambang/atau penggali batu bata putih yang nanti nya dijual ke pedagang batu bata putih, dan hasilnya digunakan sebagai pemenuh kebutuhan hidup warga setempat.

Bekas penambangan batu bata putih yang dilakukan oleh warga setempat ini, ternyata ditambang dengan menggunakan alat yang sangat sederhana, yaitu  alat pemotong yang bentuknya mirip dengan cangkul, dengan ukuran yang lebih kecil, yang memiliki permukaan besi nya sangat tajam.

Bekas galian warga ini terlihat seperti teratur, padahal alat pemotongnya pun tergolong sangat sederhana, dan penggalian batu bata kapur ini pun tidak disengaja diukir atau dipotong untuk menampilkan pemandangan indah, namun terlihat jelas, bekas potongan batu bata putih ini menghasilkan tampilan yang istimewah untuk layak dinikmati oleh para wisatawan, baik wiasatawan lokal, dan wisatawan dari luar Madura, bahkan juga ada wisatawan asing yang menempatkan diri untuk mengunjungi bukit Panjalin  ini.

Atas keindahan tekstur bekas pahatan tambang batu bata putih ini, para wisatawan kerap menjadikan lokasi ini sebagai spot selfie dan lokasi hunting komunitas fotographer, tentunya dengan pemandangan bekas pahatan sebagai background di setiap pengambilan gambar para wisatawan ketika berkunjung ke bukit Panjilan ini.

Tidak hanya itu sepanjang akses jalan menuju ke wisata bukit panjilan ini, kita dimanjakan dengan pemandangan pantai Badur yang membentang sepanjang jalan, sedangkan untuk menuju ke wisata pantai Selopeng dan Pantai Lombang pun, cukup dekat dengan lokasi wisata bukit Panjilan ini, hanya sekitar 15 km.

Para wisatawan yang berkunjung pun tidak perlu resah, meski dengan lahan parkir seadanya yang dikeloloa secara mandiri oleh warga setempat ini, yakni dengan cukup membayar jasa parkir, untuk kendaraan bermotor roda dua sebesar Rp. 5.000, dan untuk kendaraan bermotor roda empat hanya sebesar Rp. 10.000,keamanan nya pun dijamin aman.

focusmadura.com

Sungguh sayang jika objek wisata bukit kapur Panjilan ini tidak dikelola dan didukung oleh pemerintah dengan baik, seperti pembangunan infrastruktur yang dapat di manfaatkan oleh para wisatawan ketika berkunjung, karena setiap objek wisata seharusnya mampu menjadi salah satu trik untuk meningkatkan pendapatan asli daerah.

Menurut Ainul Anwar, warga setempat, bahwa selama ini masih belum ada respon baik dari pemerintah setempat, terkait pengelolaan wisata bukit batu kapur  Panjilan ini, selama ini pihak pemerintah daerah setempat hanya selalu melakukan survey saja, padahal menurutnya objek keindahan pemandangan alami wisata bukit batu kapur ini layak untuk dijual ke para wisatawan yang berkunjung.

“  semoga wisata bukit batu kapur Panjilan ini dapat menjadi primadona para wisatawan, sehingga perekonomian warga setempat juga berkembang “, ungkap Anwar.(ros/adm)

 

About focus

Lihat Juga

(VIDEO) Kepulauan Sumenep Darurat Narkoba

 

Poros Jalan Desa Buddi Arjasa Berlumpur Bertahun-tahun

Sumenep-, Desa Buddi merupakan salah satu desa yang masuk dalam kecamatan Arjasa, yang terisolir ketika …

KADES SAWAH SUMUR TERINDIKASI TERLIBAT MONEY POLITIK PILKADA SUMENEP 2020

Sumenep-, Pemilihan kepala daerah Kabupaten Sumenep akan digelar sebentar lagi, tepatnya pada 9 Desember 2020 …

Lambannya Proses Hukum Dugaan Ijazah Palsu Desa Kangayan

Sumenep-, Dugaan pemalsuan Ijazah yaitu dengan cara memanipulasi data pribadi kepala desa Kangayan, guna melengkapi …

KETIMPANGAN SOSIAL DITENGAH PANDEMI?

Sumenep-, Baru saja rombongan Pemkab Sumenep melakukan perjalanan Safari Kepulauan pada beberapa waktu yang lalu. …

DIRIKAN POSKO PEMENANGAN, PROJIE BLUTO MANTAPKAN DUKUNGAN KEPADA FAUZI-EVA

Sumenep-, Relawan PROJIE (probanguji-eva) secara sukarela mendirikan posko pemenangan diwilayah Kecamatan Bluto Sumenep,Madura. Gerakan pemuda …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *