Rabu , 1 Desember 2021
Home / Bangkalan / Pembebasan Lahan Baru Suramadu Rawan KKN

Pembebasan Lahan Baru Suramadu Rawan KKN

focumadura.com-Jembatan Suramadu

Anggota DPRD Jatim Soroti Pembebasan Lahan Suramadu.

Tingginya harga beli lahan seluas 20,5 hektare di Rest Area Jembatan  sisi Madura yang dilakukan oleh Badan Pengembagan Wilayah Suramadu (BPWS), menjadi perhatian anggota DPRD Jatim asal Madura, M. Mahoed.

Menurutnya, harga beli tanah itu terlalu mahal dan rawan menimbulkan kerugian negara. Karena harga belinya dibuat terlalu tinggi di atas NJOP (Nilai Jual Obyek Pajak).

BPWS, kata Mahoed, menggelontorkan dana Rp 167 miliar untuk membeli lahan seluas 20,5 hektar. Artinya, setara dengan harga Rp 814 ribu per meter persegi. “Padahal harga tanah di daerah kaki Suramadu sisi Madura itu sesuai NJOP, sebesar Rp 2.500 sampai yang paling mahal Rp15.000,” jelas Politisi PDIP ini.

Mahoed khawatir, tindakan membeli harga tanah yang terlalu jauh dari NJOP akan menjadi masalah di kemudian hari, seperti kasus pembebasan lahan Rumah Sakit Sumber Waras di DKI Jakarta.

Proses penyerahan uang dari BPWS untuk pembelian 20,5 hektar tanah di Bangkalan, lanjut Mahoed, sudah dilakukan di Kanwil Bank Mandiri Jawa Timur, di Surabaya, dua hari lalu. “Sekitar 32 orang pemilik lahan hadir dalam kesempatan itu,” pungkasnya.

Sementara Humas BPWS, Faisal Yasir Arifin membenarkan adanya pembebasan lahan teraebut. Namun ia menjelaskan bahwa pembebasan lahan di Suramadu sudah sesuai dengan peraturan pembebasan lahan yang baru. “Bagi yang belum paham, silakan mempelajarinya,” tandas Coy, panggilan akrabnya.

Namun apabila ditemukan adanya indikasi korupsi, kata Coy, pihaknya mempersilakan siapapun untuk melaporkannya pada aparat yang berwenang. “Ya silakan dilaporkan aja, kalau ada pelanggaran atau korupsi,” sergahnya.

Menurut Coy, pembebasan lahan di suramadu dilakukan perbidang, bukan permeter, dan harganya pun juga bervariasi, susuai dengan lokasi  dan kondisi lahan. “Bagi lahan yang ada bangunannya, tentu harganya lain,” Imbuhnya. (msr/ros/red)

 

About focus

Lihat Juga

Tabrak Fuso, 2 orang 1 Balita Penumpang Travel Tewas

Bangkalan-, Mobil travel M2 terlibat kecelakaan kemarin Senin (20/3/2017). Mobil Xenia putih bernopol N 1273 …

Tersinggung, Pria di Bangkalan Bacok Tetangganya Hingga Tewas

Bangkalan-, Diduga karena tersinggung dengan teguran tetangganya, pria di bangkalan bacok tetangganya hingga tewas. Jumlah …

Tak Terbukti Mengandung Zat Terlarang, 1.530 Permen Dot Dikembalikan

Bangkalan-, Setelah melalui uji Laboratium BPOM dan BNN Provinsi Jawa Timur, ribuan permen dot yang …

Razia Gabungan, Petugas Amankan 1.530 Botol Permen Dot di Bangkalan

Bangkalan-, Gelar razia gabungan ke berbagai toko, Polres Bangkalan, Dinas Kesehatan, Satuan Polisi Pamong Praja …

Korban Pembunuhan dengan Leher Nyaris Putus Temukan Titik Terang

   Bangkalan-, Kasus Pembunuhan Jamal yang ditemukan tewas sekitar 50 meter dari rumahnya dengan luka …

Polda Jatim Ikut Ungkap Dugaan Kasus Pembunuhan di Bangkalan

Ilustrasi Bangkalan-, Polda Jatim bantu Polres Bangkalan dan terjunkan anjing pelacak untuk ungkap kasus pembunuhan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *