Rabu , 12 Mei 2021
Home / Lifestyle / Awas! Kebiasaan Sehari-hari Ini Bisa Menurunkan Jumlah Sperma

Awas! Kebiasaan Sehari-hari Ini Bisa Menurunkan Jumlah Sperma

Berikut adalah beberapa kebiasaan sehari-hari yang tak disadari dapat merusak kesehatan sperma.

Anda menanti bertahun-tahun lamanya untuk memiliki keturunan namun tak kunjung datang. Coba periksa kesehatan sperma Anda.

Pasalnya seperti dilansir Boldsky, gangguan kesuburan tak melulu dialami perempuan, namun juga laki-laki. Gangguan kesuburan pada lelaki biasanya terkait gaya hidup yang dilakukannya sehari-hari.

Seperti dilansir laman Menshealth, berikut adalah beberapa kebiasaan sehari-hari yang tak disadari dapat merusak kesehatan sperma.

1. Kurang tidur
Orang-orang yang tidur kurang dari 6 jam per hari, 31 persen lebih mungkin untuk mengalami gangguan sperma dibandingkan mereka yang tidur hingga 8 jam setiap harinya.

Kurang tidur, menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Fertility & Sterility dapat menurunkan produksi hormon testosteron, yang penting dalam memproduksi sperma.

Meski demikian terlalu berlebihan dalam tidur juga tidak baik bagi kesehatan. Jadi pastikan Anda mendapat tidur cukup 7-8 jam setiap hari.

2. Kurang konsumsi ikan
Studi yang dilakukan Harvard University menemukan bahwa orang yang banyak mengonsumsi ikan kaya omega 3 seperti tuna dan salmon memiliki jumlah sperma yang lebih banyak dan lebih berkualitas.

Sayangnya pola konsumsi orang saat ini lebih banyak mengarah ke daging dibandingkan ikan. Padahal daging merah yang disajikan dalam menu hotdog, burger dan lainnya justru dapat menurunkan jumlah sperma yang mengganggu kesuburan.

3. Mengonsumsi soda
Konsumsi soda setiap hari dapat menyebabkan produksi sperma menjadi berkurang. Menurut penelitian, kandungan gula di dalamnya dapat menyebabkan resistensi insulin sehingga memicu peradangan dalam tubuh dan membuat sperma Anda sulit bergerak dan mengganggu proses pembuahan sel telur.

4. Stres
Lelaki yang didera stres berkepanjangan cenderung memiliki kualitas sperma yang lebih buruk dibandingkan mereka yang senantiasa bahagia. Menurut studi yang dilakukan tim Columbia University, stres dapat mengganggu produksi hormon testosteron sehingga membuat kualitas sperma menjadi menurun.

5. Menyimpan ponsel di saku celana
Paparan radiasi dari ponsel dapat menyebabkan kerusakan DNA pada sperma. Selain itu panas dari ponsel juga dapat meningkatkan suhu skrotum yang menghambat produksi sperma. Jadi jika Anda tak bisa lepas dari ponsel pastikan hindari menyimpannya di dalam saku celana Anda.

6. Konsumsi alkohol
Mengonsumsi 25 gelas alkohol selama seminggu dikaitkan dengan penurunan kualitas sperma sebanyak 33 persen. Menurut penelitian, alkohol adalah racun bagi kesehatan reproduksi. Alkohol dapat menurunkan kadar testosteron sehingga membuat Anda kesulitan memiliki keturunan.(Boldsky/http://suara.com)

 

About focus

Lihat Juga

Yang Harus Dilakukan Saat Menghadapi Tsunami

Tsunami berasal dari bahasa Jepang, tsu yang artinya pelabuhan, dan nami yang artinya gelombang. Tsunami dikenal sebagai gelombang pelabuhan …

5 Pemikiran Gila Bob Sadino yang Bisa Memotivasi Anda Untuk Sukses

Lifestyle- Pemikiran gila Bob Sadino kerap mempengaruhi banyak orang dalam dunia wirausaha. Bagaimana tidak, pemikirannya …

Perempuan Keris : Saya Masih Akan Menjadi ‘Perempuan’ Di Garis Tepi Melawan Batas Wajar

Setiap tahun, tepatnya tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini. Ya, Raden Ajeng Kartini adalah …

Inilah Potret Blusukan Ala Nia Kurnia Fauzi

Sumenep-, Siang itu dengan cuaca yang panas menyengat, Nia Kurnia Fauzi, Istri orang nomor dua …

Festival Batik Abaikan Keindahan Taman Adipura Sumenep

Sumenep – Pagelaran Festival Batik On The Street menyisakan pemandangan yang tidak enak, hal tersebut dibuktikan …

Dunia Pariwisata Sumenep Menjadi Primadona Bagi Wisatawan Asing

Sumenep – Kunjungan ratusan wisatawan asing ke Kabupaten Sumenep mulai menggeliat, terbukti pada trip ke dua …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *