Senin , 27 September 2021
Home / Kesehatan / Apa Manfaat Anak Ikut Lomba “17 Agustusan”? Ini Kata Psikolog

Apa Manfaat Anak Ikut Lomba “17 Agustusan”? Ini Kata Psikolog

Selain upacara bendera, kegiatan yang identik dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia adalah perlombaan. Mulai dari lomba balap karung, makan kerupuk hingga panjat pinang turut menyemarakkan hari ulang tahun Indonesia ini.

Nah, bagi para orangtua, tak ada salahnya mengikutsertakan buah hati dengan berbagai perlombaan. Kegiatan seru dan menyenangkan ini ternyata memiliki banyak manfaat yang bisa dirasakan si kecil.

Psikolog anak dan remaja, Vera Itabiliana mengatakan bahwa mengikut berbagai lomba merupakan momen spesial bagi anak untuk memahami bahwa peringatan Hari Kemerdekaan RI adalah sesuatu yang menyenangkan. Melalui perlombaan pula, kata dia, rasa cinta tanah air anak bisa ditumbuhkan, di tengah gempuran budaya Barat yang tak terbendung.

“Supaya anak bisa menghayati makna di balik Kemerdekaan itu dia harus senang dulu. Salah satunya dengan lomba. Karena lomba kan intinya bersenang-senang,” ujar Vera pada temu media di Jakarta, Selasa (15/8/2017).

Namun, orangtua juga harus memberikan pengertian kepada anak bahwa dalam perlombaan ada menang dan ada kalah. Dari lomba pula anak bisa belajar bagaimana memperjuangkan sesuatu agar menang dan menerima dengan lapang dada jika mengalami kekalahan.

“Orangtua perlu siapkan bahwa dalam lomba itu ada menang ada kalah. Tapi biasanya kan mau menang atau kalah ada hadiahnya juga ya kalau 17 Agustusan. Tapi apapun itu lomba akan menyenangkan buat anak,” pungkas dia. (suara.com)

 

About focus

Lihat Juga

Pentingnya Ruang Keluarga untuk Hubungan Orangtua dan Anak

Ruang keluarga merupakan bagian terpenting yang berdampak langsung terhadap suasana hati, dan kedekatan hubungan keluarga. …

Apa Bedanya Antara Hepatitis B dan C?

Penyakit hepatitis tentu tak asing lagi di telinga. Namun, penyakit hati ini terdiri dari berbagai …

Kandungan dalam Kopi Ini Bikin Anda Berumur Panjang

Tahukah Anda, ada satu keuntungan tak terduga dari secangkir kopi yang diminum di pagi hari. …

Waspada! Anak Sulit Sarapan Risiko Kekurangan Gizi Menghantui

Sarapan adalah makanan yang paling penting untuk memulai aktivitas sehari-hari. Ini penting karena seseorang harus …

Risiko Penularan Hepatitis B ke Anak Masih Tinggi

Indonesia masih diintai virus hepatitis. Meski angka kejadian hepatitis di Indonesia dilaporkan menurun, masyarakat diimbau …

Berkaki Kurus, Waspadai Diincar Penyakit Ini

Kondisi kaki yang kurus bisa jadi tanda yang menunjukkan Anda mengidap gangguan metabolik. Sebuah studi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *