Senin , 1 Maret 2021
Home / Kesehatan / Anda Mengalami PMS? Atasi dengan Lima Cara Ini

Anda Mengalami PMS? Atasi dengan Lima Cara Ini

Sindrom prahaid atau premenstrual syndrome (PMS), tak hanya menyebabkan perempuan mengalami perubahan suasana hati, perut kembung dan kram, atau mudah tersinggung, tapi juga bisa menyebabkan munculnya jerawat di beberapa daerah tubuh, khususnya wajah.

Biasanya, jerawat yang tumbuh saat PMS, lebih besar dan terasa lebih sakit. Ini karena lebih disebabkan oleh radang, bukan penumpukkan kotoran di pori-pori.

Untuk mengatasi keluhan ini, Anda bisa melakukan perawatan yang khusus dilakukan saat PMS. Berikut daftarnya dilansir dari Boldsky.

1. Gunakan es batu
Cobalah kompres daerah berjerawat dengan es batu atau air dingin untuk menurunkan peradangan. Anda juga harus melawan keinginan untuk menyentuh atau menggaruk daerah berjerawat Anda. Menggunakan es batu bisa lebih menenangkan.

2. Minum air
Saat PMS, pastikan Anda minum air putih setidaknya 1,5 liter perhari. Ini akan membantu membersihkan racun dari tubuh Anda, dan menjaga kulit lebih terhidrasi. Selalu ingat untuk minum air, terutama di minggu awal PMS.

3. Membersihkan wajah
Bersihkan wajah Anda secara menyeluruh setiap pagi dan malam. Pastikan Anda menggunakan pembersih yang lembut dan kemudian dilanjutkan dengan pelembab.

4. Hindari make up
Biarkan kulit Anda bernapas selama Anda menstruasi. Jadi, hindari riasan apapun dan menjaga kulit tetap bersih. Anda hanya boleh menggunakan tabir surya dan pelembab.

5. Diet sehat
Sering menginginkan makanan manis seperti cokelat, kue atau cupcakes saat PMS? Nah, tahukah Anda jika kelebihan gula saat PMS dapat menyebabkan lebih banyak jerawat? Hindari segala makanan manis, dan makanlah makanan sehat, seperti salad. Untuk melawan keinginan dari mengonsumsi makanan manis, cobalah minum teh hijau yang dicampur dengan beberapa sendok madu. Ramuan ini juga bisa mengurangi perut kembung yang datang saat PMS.(suara.com)

 

About focus

Lihat Juga

Pentingnya Ruang Keluarga untuk Hubungan Orangtua dan Anak

Ruang keluarga merupakan bagian terpenting yang berdampak langsung terhadap suasana hati, dan kedekatan hubungan keluarga. …

Apa Bedanya Antara Hepatitis B dan C?

Penyakit hepatitis tentu tak asing lagi di telinga. Namun, penyakit hati ini terdiri dari berbagai …

Kandungan dalam Kopi Ini Bikin Anda Berumur Panjang

Tahukah Anda, ada satu keuntungan tak terduga dari secangkir kopi yang diminum di pagi hari. …

Waspada! Anak Sulit Sarapan Risiko Kekurangan Gizi Menghantui

Sarapan adalah makanan yang paling penting untuk memulai aktivitas sehari-hari. Ini penting karena seseorang harus …

Apa Manfaat Anak Ikut Lomba “17 Agustusan”? Ini Kata Psikolog

Selain upacara bendera, kegiatan yang identik dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia adalah perlombaan. Mulai …

Risiko Penularan Hepatitis B ke Anak Masih Tinggi

Indonesia masih diintai virus hepatitis. Meski angka kejadian hepatitis di Indonesia dilaporkan menurun, masyarakat diimbau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *