Sabtu , 6 Maret 2021
Home / Kesehatan / Anak yang Melewatkan Sarapan Rentan Obesitas

Anak yang Melewatkan Sarapan Rentan Obesitas

Dalam masa pertumbuhan, asupan nutrisi yang tepat bagi si kecil mesti diperhatikan. Terlebih nutrisi pada saat sarapan.

Menurut Prof. Dr. Hardinsyah, MS, ketua umum Pergizi Pangan Indonesia, porsi sarapan sedikitnya harus memenuhi seperempat asupan bagi harian.

Di samping itu, menurut dia, prinsip dari sarapan ialah kombinasi dari karbohidrat, vitamin, serat, mineral, dan juga air. Oleh sebab itu, Hardinsyah mengatakan bahwa penting untuk menghitung asupan yang sesuai dengan kebutuhan si kecil.

“Kalau orang dewasa sekitar 2.000 kalori, dikurangi saja sekitar seperempatnya, atau 1.600 kalori,” ujarnya ditemui VIVA.co.id di Bandung, belum lama ini.

Dia melanjutkan, menu sarapan mesti terukur, misalnya sekitar satu centong nasi, disertai lauk seperti telur dan juga sayuran. Untuk buah, ia menyarankan pisang ataupun jeruk.

“Nah, kalau sulit karena kesiangan, seringkali anak telat bangun karena kesiangan, makannya perlu (mempersiapkan sarapan) yang praktis,” ungkap dia.

Sebelumnya, dia juga mengatakan bahwa anak yang melewatkan waktu sarapan akan cenderung mudah lelah, mengantuk, dan sulit menerima informasi serta pelajaran di sekolah.

Hardinsyah juga mengatakan bahwa anak yang melewatkan sarapan juga rentan terserang obesitas, yang terjadi karena penumpukan porsi makanan, di waktu makan siang dan malam.(viva.co.id)

 

About focus

Lihat Juga

Pentingnya Ruang Keluarga untuk Hubungan Orangtua dan Anak

Ruang keluarga merupakan bagian terpenting yang berdampak langsung terhadap suasana hati, dan kedekatan hubungan keluarga. …

Apa Bedanya Antara Hepatitis B dan C?

Penyakit hepatitis tentu tak asing lagi di telinga. Namun, penyakit hati ini terdiri dari berbagai …

Kandungan dalam Kopi Ini Bikin Anda Berumur Panjang

Tahukah Anda, ada satu keuntungan tak terduga dari secangkir kopi yang diminum di pagi hari. …

Waspada! Anak Sulit Sarapan Risiko Kekurangan Gizi Menghantui

Sarapan adalah makanan yang paling penting untuk memulai aktivitas sehari-hari. Ini penting karena seseorang harus …

Apa Manfaat Anak Ikut Lomba “17 Agustusan”? Ini Kata Psikolog

Selain upacara bendera, kegiatan yang identik dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia adalah perlombaan. Mulai …

Risiko Penularan Hepatitis B ke Anak Masih Tinggi

Indonesia masih diintai virus hepatitis. Meski angka kejadian hepatitis di Indonesia dilaporkan menurun, masyarakat diimbau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *