Jumat , 26 Februari 2021
Home / Lifestyle / Alasan Orang Melakukan Operasi Kelopak Mata

Alasan Orang Melakukan Operasi Kelopak Mata

Memiliki mata indah merupakan sebuah anugerah. Sebab, mata dan kelopak mata mencerminkan kesehatan, kesegaraan dan mempengaruhi penampilan seseorang.

Kelopak mata itu sendiri terdiri dari atas dan bawah. Penampilan kelopak mata ini kadang ingin diperbaiki dengan berbagai alasan, baik fungsional ataupun kecantikan sehingga operasi kelopak mata atau yang biasa disebut dengan blepharoplasty, bisa dilakukan pada salah satu kelopak mata atau di kedua kelopak mata.

Ada dua hal yang melatarbelakangi dilakukannya operasi kelopak mata, yaitu untuk perbaikan fungsional dan kecantikan. Pada pasien bisa saja terjadi gangguan fungsi bawaan berupa kelopak mata yang tidak dapat terbuka lebar sehingga akan terlihat sipit.

“Banyak penyebab orang itu memilih operasi kelopak mata atau biasa disebut blepharoplasty. Beberapa di antaranya, untuk kecantikan dan perbaikan fungsional,” ujar dr Laksmi Achyati Sp.BP-RE dari RS Khusus Bedah Plastik Bina Estetika kepada VIVA.co.id.

Dia menuturkan, bahwa pertambahan usia juga dapat menyebabkan kulit yang semakin mengendur di bagian kelopak mata sehingga dapat menggangu fungsi penglihatan. Hal lainnya yang memerlukan perbaikan fungsional adalah luka pada kelopak mata setelah terkena luka bakar sehingga diperlukan koreksi agar mata dapat kembali berfungsi.

Selain itu, setiap etnis memiliki ciri khas mata tertentu, seperti contoh kelopak mata pada etnis kaukasian. Pada etnis ini, mata lebih lebar, tampak lebih besar, dan ada lipatan kelopak mata. Sementara pada etnis Asia, hal-hal tersebut berkebalikan sehingga mendorong untuk dilakukannya operasi kelopak mata.

Untuk itu, sebaiknya konsultasikan tindakan pembedahan ini sebelum melakukannya. Hal ini untuk menentukan bentuk kelopak mata yang diinginkan.

“Konsultasi dini dengan ahli bedah plastik sebelum dilakukannya tindakan pembedahan merupakan pilihan bijak karena bertujuan untuk menentukan bentuk kelopak mata yang diinginkan. Tindakan ini dilakukan selama 1,5 jam untuk operasi kelopak mata atas, begitu pula dengan operasi kelopak mata bawah.(viva.co.id)

 

About focus

Lihat Juga

Yang Harus Dilakukan Saat Menghadapi Tsunami

Tsunami berasal dari bahasa Jepang, tsu yang artinya pelabuhan, dan nami yang artinya gelombang. Tsunami dikenal sebagai gelombang pelabuhan …

5 Pemikiran Gila Bob Sadino yang Bisa Memotivasi Anda Untuk Sukses

Lifestyle- Pemikiran gila Bob Sadino kerap mempengaruhi banyak orang dalam dunia wirausaha. Bagaimana tidak, pemikirannya …

Perempuan Keris : Saya Masih Akan Menjadi ‘Perempuan’ Di Garis Tepi Melawan Batas Wajar

Setiap tahun, tepatnya tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini. Ya, Raden Ajeng Kartini adalah …

Inilah Potret Blusukan Ala Nia Kurnia Fauzi

Sumenep-, Siang itu dengan cuaca yang panas menyengat, Nia Kurnia Fauzi, Istri orang nomor dua …

Festival Batik Abaikan Keindahan Taman Adipura Sumenep

Sumenep – Pagelaran Festival Batik On The Street menyisakan pemandangan yang tidak enak, hal tersebut dibuktikan …

Dunia Pariwisata Sumenep Menjadi Primadona Bagi Wisatawan Asing

Sumenep – Kunjungan ratusan wisatawan asing ke Kabupaten Sumenep mulai menggeliat, terbukti pada trip ke dua …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *