Sabtu , 15 Mei 2021
Home / Hukum / Akhirnya Kepolisian Tangkap Pelaku Penambang Pasir Pantai Ilegal Di Madura

Akhirnya Kepolisian Tangkap Pelaku Penambang Pasir Pantai Ilegal Di Madura

focusmadura.com-mobil pengangkut pasir pantai ilegal  yang dibakar warga Ambunten

8 Pelaku Diciduk saat sedang Beraksi, Aksi Penambangan Pasir Pantai Ilegal Sangat Meresahkan

Sumenep-  Kepolisian Resort Sumenep akhirnya baru dapat menjawab keresahan warga di sepanjang pantai utara di pulau Madura, yakni dengan mengamankan 8 pelaku penambangan pasir pantai ilegal.

8 orang yang ditangkap, yaitu ISA (19), SF (13), ER (46) dan KY (20) keempatnya warga Dusun Bajung, Desa Ambunten Barat, Kecamatan Ambunten Sumenep, SR (43) dan FR (21) keduanya warga Dusun Morasen, Desa Bindang Kecamatan Pasongsongan , AR (50), Warga Dusun Kendel, Desa Bindang Pasongsongan, dan SD (50) warga Dusun Genting, Desa Batu Kerbuy, Kecamatan Pasean, Pamekasan,

Selain telah mengamankan sebanyak 8 tersangka penambang pasir ilegal pada saat sedang mencuri pasir, petugas kepolisian juga menyita 3 unit truck,  dan beberapa alat yang digunakan untuk memunguti pasir pantai.

Tanpa melakukan perlawanan, delapan orang terduga pelaku penambangan pasir pantai ilegal ini berhasil diamankan oleh petugas tanpa melakukan perlawanan, dan pada saat itu pelaku sedang melakukan aksi nya, dimana lokasi nya berletak di dusun paqndan Pasongsongan Sumenep, terang AKP Hasannudin, Kabid Humas Polres Sumenep.

Ditambahkan, mereka dibekuk karena melanggar pasal 158 jun to pasal 37 dan 67 ayat (1) UU No. 4 Tahun 2009 Tentang Pertambangan Mineral dan Batu Bara. Dan pasal 109 (1) jun to pasal 36 (1) UU no 32 Tahun 2009 Tentang Pelindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, dengan ancaman hukumannya diatas lima tahun penjara.

Seperti diketahui, maraknya penambangan pasir pantai ilegal yang telah berlansung selama bertahun-tahun ini sangat meresahkan warga yang bertempat tinggal di dekat bibir pantai, karena terjadinya abrasi sehingga air laut pun menjalar ke rumah-rumah penduduk, dan pada beberapa waktu yang lalu pun, kemarahan warga di desa Ambunten Tengah memuncak, dan membakar satu unit mobil pick up pengangkut pasir pantai di pinggir pantai di Kecamatan Ambunten Sumenep.(arif/Ros/red)

 

About focus

Lihat Juga

(VIDEO) Kepulauan Sumenep Darurat Narkoba

 

Poros Jalan Desa Buddi Arjasa Berlumpur Bertahun-tahun

Sumenep-, Desa Buddi merupakan salah satu desa yang masuk dalam kecamatan Arjasa, yang terisolir ketika …

KADES SAWAH SUMUR TERINDIKASI TERLIBAT MONEY POLITIK PILKADA SUMENEP 2020

Sumenep-, Pemilihan kepala daerah Kabupaten Sumenep akan digelar sebentar lagi, tepatnya pada 9 Desember 2020 …

Lambannya Proses Hukum Dugaan Ijazah Palsu Desa Kangayan

Sumenep-, Dugaan pemalsuan Ijazah yaitu dengan cara memanipulasi data pribadi kepala desa Kangayan, guna melengkapi …

KETIMPANGAN SOSIAL DITENGAH PANDEMI?

Sumenep-, Baru saja rombongan Pemkab Sumenep melakukan perjalanan Safari Kepulauan pada beberapa waktu yang lalu. …

DIRIKAN POSKO PEMENANGAN, PROJIE BLUTO MANTAPKAN DUKUNGAN KEPADA FAUZI-EVA

Sumenep-, Relawan PROJIE (probanguji-eva) secara sukarela mendirikan posko pemenangan diwilayah Kecamatan Bluto Sumenep,Madura. Gerakan pemuda …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *