Senin , 1 Maret 2021
Home / Kesehatan / Agar Manfaat Olahraga Maksimal, Harus Dilakukan di Pagi Hari?

Agar Manfaat Olahraga Maksimal, Harus Dilakukan di Pagi Hari?

Saat menentukan waktu berolahraga, banyak orang beranggapan bahwa aktivitas fisik sebaiknya dilakukan di pagi hari agar lebih maksimal. Nyatanya, benarkah selalu demikian?

Menurut nutrisionis Lagizi, Jansen Ongko, MSc, RD, pentingnya olahraga sebagai salah satu aktivitas untuk membantu menurunkan berat badan memang tak bisa disepelekan. Untuk tubuh lebih ideal, selain diet Anda juga perlu melakukan olahraga.

“Tapi sebenarnya tidak ada perbedaan jumlah pembakaran kalori jika dibandingkan dari waktu olahraga. Perbedaan hasil terletak pada kekonsistenan dalam melakukan olahraga itu sendiri,” ungkap Jansen dalam bukunya: ‘Fit Teen’s Diary’.

Ia melanjutkan, orang-orang yang berolahraga di pagi hari memang biasanya lebih konsisten karena belum banyak melakukan aktivitas lain. Namun jika Anda hanya punya waktu berolahraga di sore atau malam hari, maka tidak perlu memaksakan diri berolahraga di pagi hari.

“Pastikan saja untuk beristirahat terlebih dahulu kalau badan sudah terasa lelah karena habis pulang sekolah atau les misalnya. Jangan memaksakan diri langsung olahraga karena dapat membahayakan kesehatan,” pesan Jansen.

Selain masih belum banyak aktivitas, olahraga lebih banyak dilakukan di pagi karena beberapa alasan lainnya. Salah satunya adalah udara masih terasa lebih segar dan efek positif dari olahraga bisa terbawa saat Anda memulai aktivitas harian. Namun ada pula manfaat yang bisa didapat jika Anda olahraga di malam hari. Apa ya?

“Ini bisa membuat tidur Anda menjadi lebih nyenyak. Selain itu, jika Anda olahraga di pusat kebugaran, biasanya akan lebih banyak pilihan kelas dan teman yang bisa diajak olahraga,” tutur Jansen.(detikcom)

 

About focus

Lihat Juga

Pentingnya Ruang Keluarga untuk Hubungan Orangtua dan Anak

Ruang keluarga merupakan bagian terpenting yang berdampak langsung terhadap suasana hati, dan kedekatan hubungan keluarga. …

Apa Bedanya Antara Hepatitis B dan C?

Penyakit hepatitis tentu tak asing lagi di telinga. Namun, penyakit hati ini terdiri dari berbagai …

Kandungan dalam Kopi Ini Bikin Anda Berumur Panjang

Tahukah Anda, ada satu keuntungan tak terduga dari secangkir kopi yang diminum di pagi hari. …

Waspada! Anak Sulit Sarapan Risiko Kekurangan Gizi Menghantui

Sarapan adalah makanan yang paling penting untuk memulai aktivitas sehari-hari. Ini penting karena seseorang harus …

Apa Manfaat Anak Ikut Lomba “17 Agustusan”? Ini Kata Psikolog

Selain upacara bendera, kegiatan yang identik dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia adalah perlombaan. Mulai …

Risiko Penularan Hepatitis B ke Anak Masih Tinggi

Indonesia masih diintai virus hepatitis. Meski angka kejadian hepatitis di Indonesia dilaporkan menurun, masyarakat diimbau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *