Sabtu , 17 November 2018
Home / Sumenep / Achmad Fauzi, Wabup Sumenep : Kedatangan Presiden RI Ke Kota Keris Ini Juga Untuk Meresmikan Museum Keris

Achmad Fauzi, Wabup Sumenep : Kedatangan Presiden RI Ke Kota Keris Ini Juga Untuk Meresmikan Museum Keris

Sumenep -, Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo datang ke Sumenep, Minggu 28 Oktober 2018.

Kedatangannya ke Kabupaten paling ujung timur Madura itu dalam rangka untuk menghadiri beberapa acara di Kabupaten Sumenep, salah satu diantaranya yakni meresmikan Museum Keris Sumenep.

Sebab, menurut Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, adanya Museum keris di Sumenep merupakan hal yang sangat penting, karena Sumenep memiliki Pengrajin Keris atau Empu terbanyak.

“Jadi pengrajin keris atau Empu di Sumenep ini ada ratusan, Empu terbanyak ya di Sumenep, dan itu sudah diakui oleh UNESCO, Selain itu Sumenep ini telah dinobatkan menjadi Kota Keris Dunia”, Tuturnya.

Menurutnya, di Museum Keris Sumenep ini terdapat berbagai macam jenis keris produk asli Kota Sumenep, baik itu dari Desa Palongan maupun Desa Aeng Tong – tong, di Museum Keris tersebut terdapat sekitar 300 Keris.

“Ada sekitar 300 keris dengan berbagai macam dan itu asli produk Kota Sumekar, mulai dari keris jaman dulu hingga keris baru, semuanya dibuat oleh pengrajin atau empu asli Sumenep”, Tambahnya.

Dengan adanya museum keris ini, orang nomor dua di Kabupaten Sumenep itu berharap dapat bermanfaat bagi masyarakat Sumenep khususnya Pemuda di Madura dengan mudah mengenal benda Pusaka yang merupakan peninggalan sejarah ini.

“Ya saya harap dengan adanya museum keris ini nantinya lebih bermanfaat, karena keris merupakan bagian dari sejarah yang harus dilestarikan, jadi mereka (masyarakat Sumenep) dapat dengan mudah mengetahui atau mempelajari tentang keris dengan datang ke Meseum Keris”, Tutupnya.(Ris/red)

 

About focus

Lihat Juga

Diduga Lakukan Pemerasan, Oknum lsm LP-KPK Diamankan Polisi Sumenep

Sumenep – Sejumlah anggota Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) LP-KPK Komcab Sumenep Jawa Timur, diamankan Kepolisian Kabupaten …

Polemik Honor FKMA Ke V Di Sumenep, LO Surati Bupati

Polemik honorarium Liasion Officer (LO) FKMA V masih berlanjut, Hari ini, Senin, 5 November 2018, …

Nahas, Satu Mahasiswa Di Sumenep Tewas Tenggelam Di Air Terjun Rubaru

Sumenep-, Seorang Mahasiswa salah satu Perguruan Tinggi swasta di Sumenep, Madura – Jawa Timur, tewas …

Dinkes Sumenep Hiasi Peringatan HKN Dengan Lomba Mural

Sumenep – Peringati hari kesehatan Nasional, Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep Madura menggelar lomba mural,  yakni yang …

INILAH UPAH BURUH PT GARAM YANG MEMILUKAN

Sumenep-, Buruh Harian Lepas yang bekerja di Badan Usaha Milik Negara yakni PT. Garam dibayar …

Laka Lantas Di Sumenep, Pasangan Suami Istri Ini Tewas Di TKP

Sumenep-, Laka Lantas terjadi di Jalan Arya Wiraraja, Desa Pabian, Kecamatan Kota KM – 3, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *