Minggu , 28 Februari 2021
Home / Kesehatan / 8 Makanan Ini Bisa Atasi Badan Nyeri Akibat Duduk Sehari

8 Makanan Ini Bisa Atasi Badan Nyeri Akibat Duduk Sehari

Duduk seharian selama delapan jam atau lebih, dapat membuat pekerja kantoran merasakan nyeri-nyeri di sekujur badannya. Terlebih bagi mereka yang kadang lupa mengambil waktu istirahat secara teratur untuk menjaga anggota badan tetap aktif.

Para ahli gizi seperti Shona Wilkinson, Dr Marilyn Glenville dan Cassandra Barns menjelaskan bahwa kunci untuk menghilangkan rasa sakit dan nyeri adalah untuk mengurangi peradangan.

“Di mana ada rasa sakit, hampir selalu ada peradangan,” tutur Shona, ahli gizi dari SuperfoodUK.com

Selain itu, mengatur pola makan dapat membantu mengurangi rasa nyeri yang muncul akibat duduk seharian. Para ahli gizi merekomendasikan dan memperkenalkan delapan makanan yang dapat dikonsumsi untuk mengurangi termasuk biji chia, kubis merah dan sayuran berwarna oranye.

Menurut Shona, peradangan adalah proses alami yang diperlukan untuk penyembuhan dan untuk memerangi infeksi dalam jangka pendek.

“Apa yang tidak kita inginkan adalah untuk peradangan dan rasa sakit menjadi kronis dan lama, karena hal ini dapat memiliki efek negatif pada kesejahteraan kita,” lanjutnya.

Untuk itu, Shona menganjurkan para pekerja kantoran mengurangi peradangan dan membuat perbedaan dengan mengonsumsi makanan yang dianjurkan oleh para ahli gizi. Berikut, suara.com rangkum 8 makanan yang tepat bagi mereka si pekerja keras yang dihimpun dari Dailymail.

1. Biji Chia

Biji Chia kaya akan omega 3 dan dapat membantu untuk mengurangi peradangan.

“Biji chia juga dapat membantu program penurunan berat badan karena menjaga Anda merasa kenyang lebih lama dan mengurangi mengendam gula dalam tubuh” kata Dr. Marilyn, penulis dari buku Natural Alternatives to Sugar.

2. Buah Berries

Sebagian besar jenis berry kaya akan senyawa yang disebut anthocyanin, yang memberikan mereka warna merah dan ungu. Anthocyanin sendiri memiliki antioksidan kuat dan anti-inflamasi dan merupakan alasan utama bahwa blueberry dikenal sebagai makanan super.

3. Nanas

“Nanas mengandung zat yang disebut bromelain, enzim (kompleks enzim) yang memiliki sifat anti-inflamasi,” papar Shona.

4. Akar Bit

“Beetroot atau akar bit mengandung set senyawa anti-inflamasi yang disebut betalains, “kata Cassandra.

Senyawa tersebut dipercaya baik bagi kesehatan jantung

5. Kubis Merah

Kubis merah yang tinggi pigmen antosianin, mirip dengan apa yang ditemukan dalam buah.

“Ini juga salah satu sayuran jajaran atas yang mengandung vitamin C. Makan beberapa kubis merah mentah dapat menjaga nutrisi,” jelas Shona.

6. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti lobak Swiss, kale dan bayam yang tinggi karotenoid dan flavonoid memiliki sifat anti-inflamasi.

“Mereka juga kaya akan mineral termasuk magnesium, yang mendukung otot dan tulang kita, dan dapat membantu kita untuk mengatasi rasa sakit,” tutur Cassandra.

7. Sayuran Oranye

“Sayuran berwarna oranye, termasuk wortel, labu dan ubi jalar sangat tinggi karotenoid, keluarga lain dari zat-zat yang memiliki sifat anti-inflamasi,” kata Shona.

Beberapa karotenoid seperti beta-karoten juga dapat dikonversi ke vitamin A dalam tubuh. Kandungan tersebut penting untuk mengatur dan menyeimbangkan sistem kekebalan tubuh.

8. Ikan-ikan Berminyak

Ikan seperti salmon, mackerel, sarden, ikan teri dan herring mengandung omega3 EPA dan DHA,

“Omega 3 tidak hanya baik untuk jantung kita, mereka juga dikenal berguna dan melakukan aktivitas anti-inflamasi,” jawab Cassandra.

Terlebih lagi, ikan berminyak adalah salah satu atau sumber makanan terbaik dari vitamin D. Vitamin D diperlukan untuk sistem kekebalan tubuh yang seimbang sehingga membantu mencegah peradangan yang tidak diinginkan.(suara.com)

 

About focus

Lihat Juga

Pentingnya Ruang Keluarga untuk Hubungan Orangtua dan Anak

Ruang keluarga merupakan bagian terpenting yang berdampak langsung terhadap suasana hati, dan kedekatan hubungan keluarga. …

Apa Bedanya Antara Hepatitis B dan C?

Penyakit hepatitis tentu tak asing lagi di telinga. Namun, penyakit hati ini terdiri dari berbagai …

Kandungan dalam Kopi Ini Bikin Anda Berumur Panjang

Tahukah Anda, ada satu keuntungan tak terduga dari secangkir kopi yang diminum di pagi hari. …

Waspada! Anak Sulit Sarapan Risiko Kekurangan Gizi Menghantui

Sarapan adalah makanan yang paling penting untuk memulai aktivitas sehari-hari. Ini penting karena seseorang harus …

Apa Manfaat Anak Ikut Lomba “17 Agustusan”? Ini Kata Psikolog

Selain upacara bendera, kegiatan yang identik dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia adalah perlombaan. Mulai …

Risiko Penularan Hepatitis B ke Anak Masih Tinggi

Indonesia masih diintai virus hepatitis. Meski angka kejadian hepatitis di Indonesia dilaporkan menurun, masyarakat diimbau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *