Rabu , 4 Agustus 2021
Home / Kesehatan / 5 Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan Rambut

5 Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan Rambut

guava_id

Vitamin A dan C tingkatkan folikel rambut baru.

Kita semua tahu bahwa jambu biji memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan. Tapi, tahukah Anda jika buah yang cukup lezat dijadikan jus ini juga bisa mengatasi masalah rambut rontok?
Jambu biji memiliki kandungan vitamin B3, B5 dan B6 yang tinggi. Vitamin-vitamin ini bisa memperbaiki kerusakan jaringan rambut, membersihkan kulit kepala dan menghentikan rambut rontok. Selain itu, buah ini juga memiliki tingkat vitamin A dan C yang tinggi.
Kedua vitamin itu dikenal bisa meningkatkan regenerasi folikel rambut baru.
Tak hanya buahnya saja, bagian lain dari jambu biji juga memiliki manfaat baik bagi rambut, seperti daun jambu biji yang mengandung 9 persen kalium, 2 persen seng dan lebih dari 2 persen protein.
Kandungan ini bisa menenangkan kulit kepala yang iritasi, mengilangkan ketombe dan meningkatkan elastisitas rambut, sehingga rambut menjadi halus.
Lycopene dalam jambu biji juga dapat membentuk lapisan pelindung pada rambut yang berfungsi melawan radikal bebas, segel kutikula dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dari rambut Anda. Berikut adalah cara sederhana namun efektif, tentang bagaimana menggunakan jambu biji untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.
1. Daun Jambu Biji
Rebus segenggam daun jambu biji dengan secangkir air. Biarkan mendidih selama 15 sampai 20 menit. Matikan api. Biarkan larutan dingin pada suhu kamar. Saring dan terapkan ke rambut dan kulit kepala. Biarkan selama satu jam dan kemudian bilas.
2. Jambu, Madu dan Jus Lemon
Ambil jambu biji yang sudah matang, hancurkan sampai menjadi seperti bubur. Campurkan dalam satu sendok makan madu dan tambahkan 10 tetes jus lemon. Aduk sampai semua bahan menggabungkan dengan baik. Basahi rambut Anda. Belah rambut menjadi beberapa bagian kecil. Terapkan masker jambu biji ini untuk pertumbuhan rambut. Biarkan selama 40 menit. Lalu bilas dengan sampo dan kondisioner.
3. Telur dan Jambu Biji
Protein yang tinggi dalam jambu biji sangat bermanfaat untuk pertumbuhan rambut dan akan memperkuat rambut Anda dari akar. Ambil sebuah mangkuk, hancurkan jambu biji matang hingga menjadi seperti bubur. Tambahkan satu buah putih telur. Oleskan pada rambut dan kulit kepala. Setelah 40 menit, pijat kulit kepala Anda dan bilas dengan sampo.
4. Daun Jambu Biji dan Santan
Tips lain yang cepat dan efektif untuk mengatasi rambut rontok adalah masker daun jambu biji dan santan. Siapkan secangkir santan, tambahkan satu sendok makan jambu daun kering bubuk. Gunakan bola kapas, oleskan pada kulit kepala Anda. Pijat kulit kepala setelah seluruhnya diterapkan pada kulit kepala. Setelah 1 jam, bilas dengan sampo.
5. Konsumsi Jambu Biji
Untuk mendapatkan seluruh manfaat yang ada dalam buah ini, masukkan jambu biji ke dalam diet Anda. Semua mineral dan vitamin yang penting di dalamnya, akan langsung mengalir ke dalam aliran darah Anda dan akan menunjukkan hasil yang luar biasa untuk kesehatan dan kecantikan Anda secara keseluruhan.(suara.com)
 

About focus

Lihat Juga

Pentingnya Ruang Keluarga untuk Hubungan Orangtua dan Anak

Ruang keluarga merupakan bagian terpenting yang berdampak langsung terhadap suasana hati, dan kedekatan hubungan keluarga. …

Apa Bedanya Antara Hepatitis B dan C?

Penyakit hepatitis tentu tak asing lagi di telinga. Namun, penyakit hati ini terdiri dari berbagai …

Kandungan dalam Kopi Ini Bikin Anda Berumur Panjang

Tahukah Anda, ada satu keuntungan tak terduga dari secangkir kopi yang diminum di pagi hari. …

Waspada! Anak Sulit Sarapan Risiko Kekurangan Gizi Menghantui

Sarapan adalah makanan yang paling penting untuk memulai aktivitas sehari-hari. Ini penting karena seseorang harus …

Apa Manfaat Anak Ikut Lomba “17 Agustusan”? Ini Kata Psikolog

Selain upacara bendera, kegiatan yang identik dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia adalah perlombaan. Mulai …

Risiko Penularan Hepatitis B ke Anak Masih Tinggi

Indonesia masih diintai virus hepatitis. Meski angka kejadian hepatitis di Indonesia dilaporkan menurun, masyarakat diimbau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *